KPU Badung Ikuti Daring Bimtek Pengadaan Melalui Toko Daring Dan Katalog Elektronik

  • 28 September 2021
  • 12:10 WITA
berita_212809030903_KPUBadungIkutiDaringBimtekPengadaanMelaluiTokoDaringDanKatalogElektronik.jpeg

Mangupura. - Setelah menerima banyak masukan dari KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta menimbang kebutuhan kapasitas pengadaan, Biro Logistik Sekretariat Jenderal KPU RI mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendalaman Peraturan Lembaga (Perlem) Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Toko Daring Dan Katalog Elektronik Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Dengan mengundang para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pengadaan Barang/Jasa (PPBJ) KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Iswantoro, Kepala Bagian Pengadaan Biro Logistik KPU RI dalam pembukaannya mengatakan latar belakang diadakannya kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas usulan dari provinsi kabupaten kota Bimtek Perlem 9 Th 2021 tentang Toko Daring dan Katalog Elektronik, serta dari bimtek ini diharapkan peserta memahami pengadaan barang jasa melalui media tersebut.
 
Sebagai Pemateri hadir Ari Sulindra, Analis Pembina Madya, Direktorat Pengembangan Sistem Katalog dan juga Rahim Noor, Fungsional Ahli Madya PBJ Sekretariat KPU RI.

Terkait Belanja Daring Marketplace bisa dilakukan oleh PPK/PBJ, cuma sistem pembayarannya masih melakukan KK Elektronik yang dipegang oleh PPK, berbeda dengan Katalog Biasa (Nasional/Sektoral) selama pemilu pembayaran bisa lewat Transaksi biasa pada sistem keuangan lembaga.

Tatacara penggunaan pengadaan secara Katalog Elektronik seperti biasanya, masing2 satker buat akun dulu untuk autentikasi dan menghindari penyalahgunaan sistem.

Kita tidak terlibat dalam proses pengadaannya karena telah terverivikasi oleh verifikator dalam proses pencantuman penyedia dalam LPSE. Sedangkan untuk pengadaan barang-barang keperluan pemilu akan menunggu keputusan pimpinan apakah dilaksanakan melalui katalog atau mekanisme pengadaan umumnya.

Belanja langsung atau melalui katalog elektronik tetap melakukan analisis juga, meskipun bisa langsung membeli dalam katalog elektronik karena telah terverifikasi, namun jika PPK/PBJ menemukan produk barang jasa sejenis dipasaran lokal bahkan lebih murah, dapat membeli langsung tanpa melalui katalog-elektronik dengan pertimbangan barang yang sama, tanpa ongkos kirim dan lebih cepat.

Acara diskusi dipandu oleh Gustiar Pandjaitan untuk membahas pertanyaan-pertanyaan dari peserta daring.

Foto Terkait:

 

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait