Melalui Webinar DP3 Seri 2 KPU Berharap Temukan Sistem Pemilu Ideal

  • 14 September 2021
  • 14:05 WITA
berita_211409030956_MelaluiWebinarDP3Seri2KPUBerharapTemukanSistemPemiluIdeal.jpeg

Mangupura, - KPU Kabupaten Badung, diwakili oleh Divisi Hukum dan Pengawasan, Nur Sodiq didampingi Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas, Ni Made Sumawati mengikuti Webinar Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Seri 2 dengan tema “Sistem dan Tahapan Pemilu dan Pemilihan” yang dilaksanakan oleh KPU RI secara daring, Selasa (14/09/2021).

 

Webinar dibuka oleh Ketua KPU RI, Ilham Saputra. Dalam sambutannya disampaikan bahwa webinar ini dapat menjadi bekal yang baik dalam membahas atau menemukan sistem pemilu yang ideal untuk pelaksanaan pemilu di suatu negara. Selain itu pelaksanaan tahapan yang beririsan, merupakan tantangan yang harus diperhatikan demi kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

 

“Melalui webinar ini peserta khususnya KPU Prov/Kab/Kota mempunyai kajian kritis, menyampaikan masukan, pendapat terkait dengan sistem yang ada sekarang, kelemahan dan kekuatannya sehingga dapat diterapkan secara ideal di negara demokratis” jelas Ilham Saputra, sekaligus membuka kegiatan webinar.

 

Terkait program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan, dengan tagline “Dari Desa untuk Desa, dari Desa Untuk Demokrasi” sudah dilaksanakan dan diterapkan di tengah masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran dan memandu masyarakat menjadi pemilih sukarela, mandiri, cerdas dan berintegritas melalui pendidikan pemilih guna meningkatkan partisipasi masyarakat.

 

Anggota KPU RI Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Parmas, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, sebagai pengantar program mengucapkan terimakasih kepada segenap jajaran dan stakeholder terkait, karena program DP3 ini yang masih dalam tahap pilot project mendapat respon sangat baik. Untuk kedepannya melalui webinar seri 2 ini KPU akan terus berupaya untuk menyampaikan regulasi yang ada, kebijakan KPU dan berharap akan ada masukan dan penyempurnaan dalam persiapan menghadapi Pemilihan Serentak Tahun 2024.

 

Webinar menghadirkan beberapa narasumber. Dalam kesempatan pertama Dosen Universitas Gadjah Mada, DR. RER. POL. Mada Sukmajati, dengan materi Sistem-Sistem Pemilu di Indonesia. Materi mencakup sistem-sistem pemilu yang diterapkan di dunia, sistem Pemilu Presiden, Lembaga Penyelenggara Pemilu, relasi kelembagaan KPU dengan KPU daerah, siklus masa pemilu/tahapan pemilu serta tata kelola pemilu di Indonesia. Diharapkan bahwa bagaimana Pemilihan Serentak Tahun 2024 bisa berjalan lancar dengan sistem yang sederhana.

 

Narasumber kedua, Anggota KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi dengan materi Tahapan Pemilu 2024 dan Sistem Pemilu. Poin penting dalam materi adalah Dampak Sistem Pemilu serta Desain Tahapan (sementara) dengan pelaksanaan Pemilihan. Disampaikan bahwa hari pemungutan suara tidak berlangsung di bulan puasa dan tidak bertepatan dengan hari raya keagamaan, karena tentunya akan berdampak terhadap pelaksanaannya dimana masyarakat mengalami dilema antara menggunakan hak pilih atau beribadah. Disampaikan pula mengenai ambang batas pencalonan, dimana perolehan suara Pemilu 2024 menentukan peta koalisi Pilkada 2024.

 

Dahliah Umar, dari NETFID menjadi narasumber berikutnya dengan materi Sistem Pemilu dan Partai Politik. Materi ini mencakup kajian tentang degradasi demokrasi di Indonesia makna kebebasan dan pola relasi negara dengan rakyat, isu electoral yang perlu disikapi, tantangan yang dihadapi dalam gangguan IT Pungut Hitung di Indonesia, E-Rekap, serta Partisipasi politik, ancaman partisipasi pemilih yang mempengaruhi kualitas pemilu,

 

Dalam diskusi yang dipandu Moderator, Priskilla Dauhan, dibahas tentang bagaimana kesiapan KPU dalam penerapan E-Rekap dari sisi SDM dan penguasaan teknologi serta sejauh mana peran partai politik dalam hal turut melakukan pendidikan pemilih untuk mewujudkan partisipasi pemilih yang sehat. Dampak penyelenggaraan Pilkada jika pilihannya menggunakan E-Voting.

 

Kegiatan ditutup oleh Anggota KPU, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Kegiatan webinar akan berlanjut di Seri 3.

 

Foto Terkait:

Komentar