KPU Bali Gelar Rakor Perlindungan Data Pribadi Dalam Pelaksanaan PDPB

  • 09 September 2021
  • 14:05 WITA
berita_210909040915_KPUBaliGelarRakorPerlindunganDataPribadiDalamPelaksanaanPDPB.jpeg

Mangupura, -  Untuk memastikan keamanan data pribadi dalam pelaksanaan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, KPU Kabupaten Badung mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Perlindungan Data Pribadi secara daring yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Bali (Kamis, 09/09/2021).

 

Sebelum pembahasan mengenai perlindungan data pribadi, kegiatan diawali dengan pengenalan aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) Berkelanjutan oleh Arini selaku Admin Sidalih KPU Provinsi Bali. Aplikasi Sidalih Berkelanjutan yang diperkenalkan tersedia dalam dua versi, yakni aplikasi versi online dan offline.

 

Aplikasi online lebih sebagai penyajian laporan kepada pimpinan terkait data rekapitulasi dalam bentuk tabel dan bagan/grafik. Sementara aplikasi versi offline lebih diperuntukkan bagi admin maupun operator pemutakhiran data pemilih karena banyak hal teknis terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dikerjakan menggunakan aplikasi offline tersebut.

 

Usai pengenalan Aplikasi Sidalih Berkelanjutan, kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan mengenai perlindungan data pribadi oleh Anggota KPU Provinsi, Ngurah Agus Darmasanjaya.

 

Dalam pemaparannya Ngurah Darmasanjaya memaparkan pentingnya bagi KPU Kabupaten/Kota dalam menjaga keamanan data pribadi pemilih dalam pelaksanaan pemutakhiran data pemilih Pemilu dan Pemilihan. Termasuk juga dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

 

Salah satu caranya dengan tidak menampilkan data secara utuh pada saat pengumuman daftar pemilih seperti dengan memberikan tanda bintang (*) pada NKK dan NIK pemilih pada Pemilu dan Pemilihan yang lalu. Selain itu pengamanan data juga dapat dilakukan dengan pengelolaan dan pelayanan data pemilih satu pintu.

Foto Terkait :

 

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait