KPU Lanjutkan Program DP3 Melalui Webinar Seri 1 Tema Demokrasi Pemilu dan Partisipasi

  • 03 September 2021
  • 14:10 WITA
berita_210309030948_KPULanjutkanProgramDP3MelaluiWebinarSeri1TemaDemokrasiPemiludanPartisipasi.png

Mangupura, -  KPU Kabupaten Badung mengikuti Webinar Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan, Seri 1 dengan tema "Demokrasi, Pemilu dan Partisipasi" yang diselenggarakan oleh KPU RI, Jumat (03/09/2021) secara daring. Hadir dalam webinar Anggota KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM bersama Kepala Sub Bagian Teknis Pemilu dan Hupmas se Indonesia.

 

Setelah diresmikan dengan soft launching, webinar berseri ini disiapkan sebagai rangkaian awal dari 7 seri, yang berakhir pada bulan September 2021 ini.

 

Melalui laporannya, Kepala Biro Sosdiklih Parmas, acara ini diharapkan dapat dijadikan bekal dalam melaksanakan program DP3, pengantar awal bagi KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta menjadikan tambahan pengetahuan guna memperkaya sight of view terkait tema demokrasi, pemilu dan partisipasi dalam modul program DP3.

 

Ketua KPU RI, Ilham Saputra dalam sambutannya, kaitannya dengan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, program DP3 ini diharapkan berkesinambungan, tetap berjalan, meskipun tugas pendidikan pemilu dan pemilihan tidak hanya tugas KPU, menjadi tugas para pihak yang terlibat langsung dalam konteks penguatan demokrasi di Indonesia.

 

"KPU ingin menciptakan partisipasi pemilih yang besar, namun juga disertai dengan partisipasi pemilih yang rasional, pemilih yang memilih karena visi dan misi, pemilih yang memilih karena track record pasangan calon dan partai politik, pemilih yang memilih karena sadar bahwa pilihannya akan menentukan masa depannya kedepan selama lima tahun," Kata Ilham.

 

KPU RI menghadirkan 2 orang narasumber dalam acara ini yakni Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Prof. Dr. Harijono M.Pd. dengan materi implementasi demokrasi Pancasila, konteks masyarakat desa di era digital. Satu Lagi narasumber dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Dr. Muhadam Labolo, M.Si. Partisipasi masyarakat desa dalam pemilu dan pemilihan untuk mewujudkan demokrasi substansial di Indonesia, dengan pemandu acara Anisha Dasuki dari iNews TV.

 

Foto Terkait:

 

Komentar