Upayakan Keselarasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu Serentak 2024, KPU Bali Gelar Rapat Koordinasi Sidang Adjudikasi Pemilu

  • 20 Agustus 2021
  • 15:05 WITA
berita_212008040832_UpayakanKeselarasanPenyelenggaraanTahapanPemiluSerentak2024,KPUBaliGelarRapatKoordinasiSidangAdjudikasiPemilu.jpeg

Sebagai salah satu langkah untuk menciptakan keselarasan dalam penyelenggaraan tahapan 2024, KPU Kabupaten Badung mengikuti Rapat Koordinasi dengan tema Sidang Adjudikasi Pemilu secara daring, Jumat (20/8/2021).

Rapat yang di selenggarakan oleh KPU Provinsi Bali dengan mengundang Bawaslu Provinsi Bali, KPU Kabupaten/Kota se-Bali serta Bawaslu Kabupaten/Kota se-Bali. 

Rakor  dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan serta Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Ariyani,  turut menyampaikan sambutannya terkait kegiatan Rapat Koordinasi tersebut.

Hadir sebagai Narasumber Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Hukum dan Pengawasan Anak Agung Gede Raka Nakula dan Anggota Bawaslu Provinsi Bali Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran I Wayan Wirka. 

Dalam pemaparannya Anak Agung Gede Raka Nakula menyebutkan, bahwa adjudikasi merupakan proses penyelesaian konflik melalui lembaga pengadilan dengan melibatkan majelis hakim sebagai pihak ketiga.

"Bawaslu mengutamakan langkah pencegahan. Jika langkah pencegahan sudah dilakukan, namun pelanggaran tetap muncul, maka Bawaslu akan melakukan langkah penanganan pelanggaran," kata I Wayan Wirka selaku Anggota/Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Bali dalam pemaparan materinya. 

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta Rakor yang dikuti oleh Jajaran KPU Kabupaten/Kota se-Bali serta Bawaslu Kabupaten/Kota se-Bali.

Pada akhir Kegiatan Ketua KPU Provinsi Bali mengharapkan acara serupa dapat dilaksanakan lagi dikemudian hari dan kedepan KPU  Provinsi Bali dan KPU Kabupaten/Kota serta Bawaslu Provinsi Bali dan Bawaslu Kabupaten/Kota bersama bisa menjalin sinergi dan koordinasi menjadi lebih baik.

FOTO KEGIATAN

Komentar