Penguatan Pemahanan Terhadap Sengketa Pemilu. KPU Bali Gelar Rapat Kerangka Hukum Sengketa Pemilu

  • 06 Agustus 2021
  • 12:40 WITA
berita_210608120841_PenguatanPemahananTerhadapSengketaPemiluKPUBaliGelarRapatKerangkaHukumSengketaPemilu.jpeg

KPU Kabupaten Badung mengikuti Rapat Kerangka Hukum Sengketa Pemilu melalui daring yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Bali (Jumat, 6/08/2021). Kegiatan ini bertujuan dalam rangka menambah wawasan dan penguatan pemahanan terhadap sengketa pemilu.

 

Plh. Ketua KPU Provinsi Bali, Luh Putu Sri Widyastini saat membuka kegiatan menyampaikan agar KPU Kabupaten/Kota se-Bali bisa mengikuti diskusi dengan baik sehingga mendapatkan hasil yang dapat diimplementasikan dikemudian hari.

 

Kegiatan kali ini menghadirkan narasumber dari Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Bali, Anak Agung Gede Raka Nakula. Dalam materinya disampaikan, konsen KPU dalam mengantisipasi terjadinya sengketa proses.

 

Beberapa tahapan diantaranya meliputi tahap verifikasi pendaftaran parpol baik verifikasi administratif ataupun verifikasi faktual, penetapan parpol peserta pemilu, penetapan Daftar Calon Sementara dan Daftar Calon Tetap peserta pemilihan anggota DPR, DPRD, dan DPD serta penetapan pasangan calon.

 

Disampaikan juga terkait cara Penyelesaian Sengketa Proses melaui Mediasi dan Adjudikasi.

 

Sesi diskusi bersama KPU Kab/Kota se-Bali, membahas mengenai beberapa pengalaman sengketa proses yang pernah dihadapi serta bagaimana cara kita mengantisipasi kegiatan serupa di tahapan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

 

Kegiatan di tutup langsung oleh Anak Agung Gede Raka Nakula sekaligus menambahkan untuk kegiatan mendatang akan disampaikan terkait dengan materi Adjukasi.

 

Foto Terkait : 

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait