Samakan Pemahaman, KPU Badung Ikuti Pelatihan dan Penyusunan Dokumen SAKIP dan E-Monev

  • 19 Juli 2021
  • 16:50 WITA
berita_211907100735_SamakanPemahaman,KPUBadungIkutiPelatihandanPenyusunanDokumenSAKIPdanE-Monev.jpeg

Mangupura. - KPU Kabupaten Badung mengikuti Pelatihan dan Penyusunan Dokumen SAKIP dan E-Monev yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Bali secara daring, Senin (19/07/2021) dengan menghadirkan Narasumber dari KPU RI.

 

Pelatihan dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan, yang menyampaikan bahwa tujuan pelatihan untuk mendapatkan pemahaman yang sama terhadap penyusunan SAKIP dan E-Monev.

 

“Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi  Pemerintah (SAKIP) adalah barometer  KPU dari apa yang sudah dilakukan terhadap target yang telah direncanakan” jelas Agung Lidartawan.

 

Sekretaris KPU Provinsi Bali, I Made Oka Purnama juga menegaskan tentang tujuan sosialisasi hari ini adalah tercapainya pemahaman yang sama bagi semua KPU Kab/Kota terhadap penyusunan SAKIP sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 5 tahun 2018.

 

Pada pembahasan materi aplikasi E-Monev disampaikan narasumber dari KPU RI, Lia Heryati. Materi yang disampaikan adalah tata cara pengisian Monev Smart dan Monev Bappenas. Pengisian aplikasi tersebut dilakukan setiap awal bulan dengan mengisi data realisasi anggaran per satker yang akan mempengaruhi capaian output dan capaian kinerja tiap satker.

 

Materi selanjutnya tentang penyusunan SAKIP disampaikan oleh Yulia, juga narasumber dari KPU RI. Dijelaskan bahwa SAKIP adalah sistem integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabiitas keuangan. Yang menjadi poin penting dalam penyusunan SAKIP yaitu Renstra, perjanjian kinerja, rencana kinerja tahunan, rencana aksi kinerja, rencana kerja (RKAK/L) dan laporan kinerja.

 

Harapannya dengan diadakannya sosialisasi kali ini tidak lagi ada pemahaman yang berbeda tentang Laporan Kinerja dan Perjanjian Kinerja.

 

Foto Terkait :

Komentar