Hasil Penelitian Menyimpulkan Sikap Pemilih Dinilai Rasional Dalam Pilkada Badung 2020

  • 28 Mei 2021
  • 16:30 WITA
berita_211006040605_HasilPenelitianMenyimpulkanSikapPemilihDinilaiRasionalDalamPilkadaBadung2020.jpg

Sebagaimana menjadi latarbelakang penelitian yang bertujuan mengkaji tingginya angka partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020 lalu meski diikuti oleh satu pasangan calon (Paslon), KPU Kabupaten Badung bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Udayana.

Penelitian juga bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang faktor dan sumber daya yang mampu menggerakkan mereka menuju ke TPS serta memberikan sumbangsih pemikiran dan temuan yang baik kepada pemerintah daerah, informasi kepada Partai Politik serta sumbangan akademik tentang fenomena Pilkada dengan Paslon Tunggal di Kabupaten Badung dengan tingginya tingkat partisipasi masyarakat ini.

“Kesimpulan dari hasil penelitian, bahwa factor utama yang membuat partisipasi masyarakat (kehadiran) dalam Pilkada Badung adalah kesadaran mereka tentang hak dan kewajiban sebagai warganegara. Kesadaran ini kemudian didukung oleh sikap rasional mereka terhadap kebijakan pemerintah,” kata Ketua Tim Peneliti Dr. Drs. I Gst Pt Bagus Suka Arjawa, Msi yang hadir bersama anggota Tim Dr. I Gusti Agung Mas Rwa Jayantiari, SH, MKn.

Tim Peneliti juga menyampaikan tingginya angka partisipasi pemilih turut disebabkan oleh keberhasilan sosialisasi yang dilakukan KPU Kabupaten Badung dalam menjamin penerapan protocol Kesehatan sehingga membantu masyarakat tidak khawatir datang ke TPS.

Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta menyampaikan padangannya terhadap hasil riset mengatakan semoga hasil riset ini dapat menjadi dasar pijakan khususnya bagi partai politik dalam mengusung Pasangan Calon.

Kegiatan sosialisasi yang sebelumnya dibuka oleh Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, I Wayan Artana Dana, diakhiri dengan penyerahan hasil riset oleh tim peneliti kepada KPU Kabupaten Badung sebagai bukti pelaksanaan kegiatan Penelitian/Riset, dan pemberian majalah Kaleidoskop Pilkada Badung Tahun 2020 kepada Undangan.

 

 

 

Komentar