KPU Badung Lakukan Pendidikan Pemilih Daerah Partisipasi Rendah 

  • 29 Maret 2021
  • 15:05 WITA

Pendidikan pemilih merupakan upaya berkelanjutan dari Komisi Pemilihan Umum untuk membangun kesadaran politik masyarakat dalam hal pencapaian peningkatan partisipasi dalam pemilu atau pemilihan. 

Dalam menyasar kelompok masyarakat untuk memudahkan tujuan pemberian Pendidikan pemilih telah dikelompokkan kedalam daerah dengan partisipasi rendah, daerah rawan konflik pemilu, dan daerah rawan bencana. 

Kuta Selatan sebagai Kawasan pariwisata dengan jumlah penduduk kedua terbanyak setelah kecamatan Mengwi, memiliki kekhasan dan karakteristik masyarakatnya yang homogen serta mobilitas tinggi. Hal ini berdampak terhadap presentasi kehadiran masyarakat ke TPS dalam Pemilu atau Pemilihan. 

Berdasarkan data tingkat partisipasi pemilihan bupati dan wakil bupati badung tahun 2020, Kuta Selatan memiliki angka partisipasi terendah yakni 69,4% dan paling rendah untuk tingkat desa/kelurahan di Kelurahan Jimbaran sebesar 54,92% dari capaian Kabupaten Badung 84,62%, 

Hal ini membuat KPU Kabupaten Badung melalui kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemilih mengundang tokoh masyarakat di wilayah Jimbaran, dan instansi terkait untuk menggali informasi, kendala dan permasalahan dilapangan serta kritik saran dan masukkan dalam kaitan permasalahan partisipasi rendah di wilayah ini. 

Dalam diskusi yang terbuka dan santai yang berlangsung setelah pemaparan materi oleh dua orang narasumber dalam kegiatan ini, dari Kabid PIAK dan PD Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Badung, I Wayan Arta Yasa, serta Anggota KPU Provinsin Bali Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas, I Gede John Darmawan, dan dimoderatori oleh Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas, I Wayan Artana Dana, dikemukakan fakta oleh peserta yang hadir bahwa banyak pemilih dalan DPT yang tidak ditemukan, dan juga pemilih pada saat pemilihan berada di daerah asal karena situasi pandemi. 

Atas hasil ini I Gede John Darmawan mengatakan akan dikembangkan upaya-upaya seperti pelaksanaan sosialisasi ke basis-basis pemilih di perumahan, pelibatan pengurus perumahan dalam proses Coklit dan pemutakhiran daftar pemilih, serta melakukan kreasi-kreasi sosialisasi untuk menarik dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu ataupun pilihan kedepannya.

FOTO TERKAIT

 

Komentar