KPU Badung Gelar Rakor Data Pemilih Berkelanjutan Dengan Pemangku Kepentingan

  • 04 Maret 2021
  • 12:20 WITA
berita_211003120300_KPUBadungGelarRakorDataPemilihBerkelanjutan(DPB)DenganPemangkuKepentingan.jpeg

KPU Badung, Mangupura-Dalam rangka pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2021, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung melaksanakan rapat koordinasi pada hari Kamis (4/3/2021) pagi. Rapat koordinasi tersebut mengundang stakeholder terkait, diantaranya Bawaslu Kabupaten Badung, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Badung, Kepolisian Resor Kabupaten Badung, Kepolisian Resor Kota Denpasar, Dandim 1611/Badung dan Polres Badung, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kerobokan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas IIA Denpasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Badung, dan Partai Politik Peserta Pemilu di Kabupaten Badung.

Adapun pemutakhiran DPB 2021 yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Badung sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Dalam pasal 20 huruf (l), KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam rapat ini disampaikan dasar untuk Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2021 di KPU Kabupaten Badung menggunakan dasar Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 362.950 pemilih ditambah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 2.542 pemili, yang terdapat pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 di Kabupaten Badung. Sehingga jumlah total data awal untuk pemilih pada Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) di Kabupaten Badung sebanyak 365.492 pemilih. Namun dalam pencermatan data ganda lintas Kabupaten/Kota yang dilaksanakan pada Bulan Februari untuk data vaksinasi COVID-19, terdapat pemilih ganda sebanyak 64 pemilih dan perbaikan elemen data pemilih sebanyak 5 pemilih, sehingga total pemilih pada rapat koordinasi Bulan Maret Tahun 2021 di Kabupaten Badung sebanyak 365.428 pemilih.

Meskipun kegiatan rapat ini dilaksanakan secara luring, namun KPU Kabupaten Badung tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam menyelenggarakan kegiatan di masa pandemi COVID-19 seperti physical distancing atau menjaga jarak fisik, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan hand zanitizer atau cairan pembersih tangan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait