Hadirkan Pemilihan yang Sehat dan Berdaulat, KPU Badung Distribusikan APD ke Desa dan Kelurahan

  • 05 Desember 2020
  • 08:00 WITA
berita_200712051256_HadirkanPemilihanyangSehatdanBerdaulat,KPUBadungDistribusikanAPDkeDesadanKelurahan.jpeg

MANGUPURA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung mulai mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) yang akan digunakan penyelenggara pemilu saat hari pemungutan suara 9 Desember 2020 mendatang, Sabtu (5/12). Hal ini sebagai komitmen KPU untuk menghadirkan pemilihan yang sehat dan berdaulat.

Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta menerangkan, logistik APD disimpan di Gor Basket Sading, selanjutnya langsung dilakukan pendistribusian yang menyasar desa dan kelurahan di enam kecamatan. 

“Logistik APD merupakan bagian penting yang mutlak harus ada dalam pemilihan di masa pandemi Covid-19. Sehingga kami dapat meyakinkan kepada masyarakat untuk tidak takut datang ke TPS 9 Desember 2020, karena pelaksanaan pencoblosan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” terang pejabat asal Banjar Cabe, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal itu.

Untuk mengantisipasi cuaca hujan, pihaknya menggunakan delapan truk box dalam proses pengirimannya. Adapun APD yang dikirim meliputi masker, sarung tangan karet, baju hazmat, hand sanitizer, sabun cuci tangan dan disinfektan. Kemudian faceshield, sprayer, fasilitas cuci tangan, sarung tangan plastik, tissue dan kantong plastik tempat sampah.

Kemudian untuk logistik berkenaan surat suara akan dikirim pada 7 Desember 2020. Pendistribusiannya sama, sementara disimpan di kantor desa/kelurahan. “Begitu nanti hari H, baru boleh diambil,” tegas pria yang akrab disapa Kayun itu.

Mengenai masalah keamanan logistik pemilu, KPU Badung menggandeng jajaran TNI/Polri dan stake holder terkait untuk menjaga logistik selama disimpan di kantor desa/kelurahan.

“Sejauh ini tidak ada kendala di lapangan, kami berharap semua berjalan dengan lancar hingga pemungutan dan penghitungan suara nanti,” harapnya.

Berdasarkan Rekapitulasi DPT Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020 ditetapkan jumlah DPT sebanyak 362.950. Dengan perincian Mengwi 97.440, Kuta Selatan 73.868, Abiansemal 73.236, Kuta Utara 62.028, Kuta 31.305, Petang 25.073.

Adapun jumlah TPS per kecamatan, di Kecamatan Mengwi 280 TPS yang tersebar di 20 desa/kelurahan. Kemudian di Kecamatan Abiansemal 208 TPS yang tersebar di 18 desa/kelurahan. Di Kecamatan Kuta Kuta Selatan 187 TPS yang tersebar di 6 desa/kelurahan. Di Kecamatan Kuta Utara 171 TPS yang tersebar di 6 desa/kelurahan. Di Kecamatan Kuta 77 TPS yang tersebar di 5 kelurahan, dan di Kecamatan Petang 73 TPS yang tersebar di 7 desa/kelurahan.

Foto terkait :

Komentar

Dokumen Terkait