KPU Badung Gelar Simulasi Nasional, Penuhi Prokes dan Penggunaan Sirekap di TPS

  • 21 November 2020
  • 07:00 WITA
berita_202211021154_KPUBadungGelarSimulasiNasional,PenuhiProkesdanPenggunaanSirekapdiTPS.jpeg

MANGUPURA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung tengah bersiap menyukseskan pemilihan serentak tahun 2020 yang tinggal menghitung hari saja. Salah satu persiapan yang dilakukan ialah dengan menggelar Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Penggunaan Aplikasi Sirekap pada, Sabtu (21/11/2020).

“Diharapkan dari simulasi yang telah dilakukan, akan menjadi catatan perbaikan dan penyempurnaan untuk pelaksanaan pada 9 Desember 2020 mendatang,” terang Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta saat sambutan dalam Simulasi Nasional di TPS 01, Br. Petang Dalem, Desa Petang.

Semara Cipta menyampaikan, kegiatan diawali dengan pengambilan sumpah janji anggota KPPS kemudian dilanjutkan penerapan 15 hal baru protokol kesehatan ketika berada di TPS. Dalam simulasi ini ia juga telah menyiapkan beberapa kasus sebagai contoh dan tindaklanjut yang harus dilakukan.

“Seperti masyarakat yang tidak membawa masker, tidak membawa C-Pemberitahuan maupun e-Ktp serta pemilih disabilitas. Ini semua kami telah pikirkan sedari awal, agar saat pelaksanaan bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ungkap komisioner asal Banjar Cabe, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal itu. 

Lebih jauh Kayun sapaan akrabnya menerangkan, yang menjadi perhatian khusus pihaknya saat pelaksanaan penghitungan suara adalah penulisan C.Hasil-KWK. Dimana hal tersebut akan dituangkan melalui C.Hasil Salinan-KWK yang nantinya akan diberikan kepada saksi dan pengawas TPS.

Dalam kesempatan ini juga Kayun menuturkan, dalam proses rekapitulasi hasil penghitungan suara pihaknya menggunakan Aplikasi Sirekap yang notabene sebagai alat bantu bagi rekan-rekan KPPS. 

Demi menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak, Kayun mengajak seluruh lapisan masyarakat datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya. “Bersama kita sukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020, dengan datang ke TPS dan gunakan hak pilih secara bijak pada 9 Desember 2020,” ajaknya.

Untuk memberikan informasi terkait pelaksanaan simulai kepada masyarakat secara luas, KPU Kabupaten Badung juga melakukan live streaming melalui kanal You Tube. Hadir dalam kegiatan Anggota KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, KPU Provinsi Bali, Forkompinda Kabupaten Badung, PPK, PPS, serta KPU Kabupaten/Kota.

Foto terkait :

 

 

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait