RSUD Mangusada Nyatakan Sikap Terkait Pilbup Badung 2020

  • 09 Juli 2020
  • 12:05 WITA
berita_200907050730_RSUDMangusadaNyatakanSikapTerkaitPilbupBadung2020.jpeg

MANGUPURA. Pemilihan Serentak Tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19 ini sangat memerlukan persiapan yang matang. Hal tersebut mendorong KPU Kabupaten Badung melakukan upaya-upaya guna menyukseskan pesta demokrasi di Gumi Keris.

Salah satunya berkoordinasi dengan RSUD Mangusada yang diterima langsung oleh Direktur dr. I Ketut Japa pada Kamis (09/07/2020) bertempat di Ruang Pertemuan Srikandi Lt III.

Koordinasi ini berkaitan dengan kerja sama protokol kesehatan selama penyelenggaraan tahapan pemilihan. Sebelumnya, KPU Kabupaten Badung telah melakukan koordinasi serupa dengan Dinas Kesehatan.

Anggota KPU Kabupaten Badung Ni Luh Nesia Padma Gandi dalam pembukanya menyampaikan Pilkada Badung yang semula akan dilaksanakan 23 September 2020 diundur menjadi 9 Desember 2020 dikarenakan pandemi Covid-19. Tahapan yang sempat tertunda diawali kembali dengan pengaktifan PPK, PPS yang bertugas di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan.

Lebih jauh Ia mengucapkan, untuk sekarang memasuki pemutakhiran data pemilih yang nantinya akan ada petugas melakukan coklit. “Sebagai salah satu syarat karena pelaksanaan Pilkada di masa pandemi ini mengutamakan kesehatan dan keselamatan, maka teman-teman penyelenggara wajib untuk melakukan rapid test,” terang Nesia Gandi.

Terkait dengan proses rapid test pihaknya mengatakan dari 270 daerah yang melaksanakan Pilkada, KPU Kabupaten Badung yang pertama kali melakukan rapid test sampai kepada PPDP dan dibiayai oleh Pemda.

“Dalam hal ini kami dari KPU Kabupaten Badung juga sebagaimana yang telah diamanatkan oleh KPU RI, wajib untuk melakukan kerja sama baik dengan Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di setiap tahapan,” ucapnya.

Sementara itu dr. I Ketut Japa menuturkan ke depan apapun kegiatan yang ada tidak bisa melakukannya sendiri, tentu harus ada kerja sama dari instansi terkait.

“Kami akan membantu apa yang diperlukan oleh KPU Kabupaten Badung, tidak ada istilah tidak membantu terlebih kita sama yakni pelayan masyarakat. Berkenaan dengan protokol kesehatan Covid-19 kami siap mendukung secara penuh,” ujar Ketut Japa.

Hadir dalam rapat tersebut Kepala Sub. Bagian Teknis Pemilu dan Hupmas KPU Badung Ni Made Sumawati, Dr. Made Padma Puspita selaku Kabid Penunjang dan jajaran, yang turut memberikan saran mengenai evaluasi Pileg 2019 serta protokol kesehatan dalam penyelenggaraan pemilihan di tengah pandemi Covid-19.

Foto terkait :

 

Komentar

Dokumen Terkait