KPU Badung Tetapkan Pedoman Teknis Sosialisasi dan Pemantau Pemilihan

  • 01 November 2019
  • 19:05 WITA
berita_190211091144_KPUBadungTetapkanPedomanTeknisSosialisasidanPemantauPemilihan.jpeg

Mangupura - Sebagai langkah awal mensosialisasikan pelaksanaan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020, KPU Kabupaten Badung melaksanakan Rapat Pleno, Jumat, (01/11/2019) bertempat di Ruang Diskusi RPP KPU Kabupaten Badung.


KPU Badung menetapkan 2 (dua) sekaligus pedoman teknis melalui mekanisme rapat pleno. Agenda pertama yaitu menetapkan Pedoman Teknis Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020. 

Dalam rangka menyebarkan informasi pendidikan pemilih dan mengurangi suara yang tidak sah guna meningkatkan partisipasi masyarakat, pedoman teknis ini diharapkan mampu mendorong niat masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara untuk menyalurkan aspirasinya.

Agenda kedua yang menjadi bahasan dalam pleno adalah Penetapan Pedoman Teknis Pemantau, Pelaksana Survey atau Jajak Pendapat dan Penghitungan Cepat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020.

Pedoman pemantau digunakan sebagai dasar kegiatan pemantauan dalam pemilihan, sedangkan pedoman pelaksana survei untuk kegiatan pengumpulan informasi tentang proses penyelenggaraan pemilihan, peserta pemilihan serta perilaku pemilih atau hal lain terkait pemilihan dengan menggunakan metodelogi tertentu.

Hadir dalam rapat pleno Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Badung, IGN Bagus Cahya Sasmita, yang nantinya menerima salinan dokumen Keputusan sebagai dasar pelaksanaan pengawasan terhadap kegiatan sosialisasi dan pemantauan.

Dengan telah ditetapkannya dua pedoman teknis tersebut, KPU Kabupaten Badung secara resmi mengumumkan pendaftaran dan persyaratan pemantau, pelaksana survei atau jajak pendapat, dan pelaksana penghitungan cepat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020, melalui website dan papan pengumuman KPU Badung.

 

 

Foto Terkait :

Komentar