KPU BADUNG TETAPKAN TAHAPAN PILKADA BADUNG TAHUN 2020

  • 18 Oktober 2019
  • 17:55 WITA
berita_191910121036_KPUBADUNGTETAPKANTAHAPANPILKADABADUNGTAHUN2020.jpeg

Mangupura- Sebagai langkah awal penanda dimulainya kegiatan menyongsong Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tahun 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung menggelar rapat Penetapan Tahapan dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tahun 2020. Dalam acara penetapan Pilkada Badung tahun 2020 yang dilaksanakan Jumat (18/10/2019) bertempat di Hotel Nirmala, sekaligus dirangkai dengan sosialisasi dan koordinasi kepada peserta rapat yang terdiri dari pimpinan OPD dilingkungan Pemda Badung, Camat dan Perbekel/Kepala Desa/Lurah se-Badung serta Partai Politik se-Badung.

Dalam sambutannya, I Wayan Semara Cipta selaku Ketua KPU Kabupaten Badung menyampaikan ucapan terimakasih terhadap jajaran OPD, Camat, Perbekel/Kepala Desa/Lurah dan stakeholder terkait yang telah turut serta menyukseskan perhelatan Pemilu 2019 dengan capaian tingkat partisipasi pemilih mencapai 87,22%. Tentu hasil ini merupakan kerja keras semua pihak yang telah membantu segala proses tahapan yang telah berlangsung dengan baik.

“Selanjutnya sekali lagi kami memohon bantuan bapak/ibu pimpinan terkait untuk kembali membantu kami dalam rangka menyambut Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tanggal 23 September 2020 mendatang, khususnya dalam tahap perekrutan badan adhoc di Camat dan Desa selaku kepanjangan tangan KPU Badung nantinya”, papar pria yang akrab dipanggil Kayun ini.

Mengacu pada tahapan pilkada serentak tahun 2020 yang telah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 15 tahun 2019, maka perekrutan badan adhoc ini mulai dilakukan bulan Januari tahun 2020.

Dalam materinya, Semara Cipta menyampaikan pokok-pokok bahasan berkaitan pointer-pointer yang menjadi tupoksi dalam pelibatan instansi terkait khususnya dalam membangun sinergitas dan kerjasama semua pihak. Sinergitas bersama jajaran instansi Pemda Badung, Camat, Kepala Desa. Termasuk pihak keamanan dan Bawaslu serta tak kalah pentingnya adalah pelibatan publik/masyarakat itu sendiri.

Dengan adanya capaian target partisipasi pemilih mencapai 85% untuk Pilkada Badung mendatang, Semara Cipta menyampaikan akan mengajak dan mengandeng elemen masyarakat adat, lembaga/asosiasi pariwisata, perkumpulan villa, usaha retail, dan yang lainnya dalam usaha pencapaian target tersebut.

I Wayan Artana Dana selaku Divisi Sosialisasi KPU Badung turut menyampaikan keseluruhan tahapan dan program Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tahun 2020 mendatang.

Penetapan tahapan dan program Pilkada Badung 2020 dilakukan melalui mekanisme rapat pleno yang dituangkan dalam Berita Acara dan Surat Keputusan Penetapan Hari dan Tanggal Pemungutan Suara Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020 serta Pedoman Teknis Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020. Setelah dilakukan penandatanganan, Salinan dokumen penetapan selanjutnya disampaikan kepada Bawaslu Kabupaten Badung.

FOTO TERKAIT :

Komentar