KPU Badung Gelar Rapat Koordinasi Laporan Realisasi Anggaran Hibah dan BA 076

  • 01 November 2021
  • 17:25 WITA
berita_210111051126_KPUBadungGelarRapatKoordinasiLaporanRealisasiAnggaranHibahdanBA076.jpeg

Mangupura - Dalam rangka pelaksanaan realisasi anggaran Tahun Anggaran 2021, KPU Kabupaten Badung melaksanakan rapat koordinasi yang menunjang laporan realisasi anggaran yang diselenggarakan di Warung Mina Dalung, Senin (01/11/2021). 

"Meskipun acara kali ini digelar internal, tetap harus disikapi dan dilaksanakan secara serius. Inilah saatnya kita sekaligus melakukan evaluasi terhadap kinerja kita untuk dapat dilakukan perbaikan kedepannya," kata Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta sekaligus membuka kegiatan. 

Penyampaian realisasi anggaran TA 2021 berupa anggaran hibah dan BA 076 oleh Sekretaris KPU, I Gusti Nyoman Wiraguna. Disampaikan secara detail pagu anggaran, realisasi dan sisa anggaran. Untuk wilayah Provinsi Bali, KPU Kabupaten Badung menjadi satker dengan realisasi anggaran paling besar yaitu anggaran hibah 90,23%, dan realisasi BA 076 sampai dengan 31 Oktober 2021 sebesar 89,21%.

Berkenaan dengan revisi anggaran, point pentingnya adalah melakukan perencanaan kegiatan dengan cermat. Perencanaan anggaran disusun dengan mempertimbangkan waktu sehingga harus disiapkan kalender kegiatan. 

Sebagai langkah sampai akhir tahun, diharapkan masing-masing subbagian memaksimalkan pelaksanaan kegiatan dan dapat diselesaikan pada bulan Nopember dengan target realisasi sebesar 95%.

Rapat koordinasi ini dirangkai dengan kegiatan Sosialisasi Rancangan Aktualisasi Latihan Dasar (Latsar) CPNS yang bertugas di KPU Kabupaten Badung serta Sosialisasi Etika dan Disiplin Pegawai yang disampaikan langsung oleh Sekretaris KPU Kabupaten Badung.

Tantangan bagi para CPNS yang terpilih adalah melakukan terobosan dalam memaksimalkan tugas dan tanggung jawab di instansi masing-masing. Hal ini dikemas dalam rancangan aktualisasi kegiatan sesuai penugasan instansi,  serangkaian Latsar bagi para CPNS. 

Berkaitan dengan latsar, tiga orang CPNS di KPU Kabupaten Badung merancang kegiatan aktualisasi berbasis produk hukum, surat pertanggungjawaban keuangan, dan dokumen kepegawaian. 

Ketiga CPNS, Dhahmar Mufti Rahmadani, Kadek Ayu Widayanti dan Aditya Endra Kurnianta menyosialisasikan rancangan masing-masing yang dibuat dengan sentuhan teknologi informasi. Hal ini sebagai penyesuaian terhadap perkembangan teknologi terkini, di samping memudahkan dalam proses pelaksanaan. 

Diskusi usai sosialisasi ini menjadi menarik mengingat hasil aktualisasi ini jika diterapkan, dapat memberikan manfaat. Tidak hanya bagi CPNS bersangkutan, namun juga bagi KPU Kabupaten Badung. Apresiasi diberikan bagi tiga CPNS ini, dengan harapan aktualisasi ini dapat segera diaplikasikan dalam mendukung visi dan misi lembaga.

 

Foto terkait:

 

Komentar