KPU Badung Ikuti Webinar DP3 Seri 7 Dengan Tema Potret Perkembangan Pilot Project Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Indonesia

  • 26 Oktober 2021
  • 13:25 WITA
berita_212610011028_KPUBadungIkutiWebinarDP3Seri7DenganTemaPotretPerkembanganPilotProjectDesaPeduliPemiludanPemilihandiIndonesia.png

Mangupura - KPU Kabupaten Badung mengikuti Webinar Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Seri 7 dengan tema “Potret Perkembangan Pilot Project Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di berbagai Daerah di Indonesia” pada Selasa (26/10/2021) yang dilaksanakan secara daring dan luring oleh KPU RI.

 

Webinar dibuka oleh Plh Ketua KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dalam sambutannya sekaligus membuka webinar menyampaikan bahwa seri 7 ini menjadi seri yang luar biasa, karena ingin mengangkat bagaimana implementasi pelaksanaan program DP3 dilapangan. Sesuai data hasil supervisi dan monitoring yang dilakukan KPU RI, program ini mendapat apresiasi yang luar biasa baik dari KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai pilot project, Pemerintah Daerah yang menjadi locus, peserta dan masyarakat sekitar.

 

Program DP3 ini selain untuk meningkatkan kualitas partisipasi dan pendidikan pemilih, juga untuk mendekatkan KPU dengan masyarakat dan persiapan menghadapi Pemilu dan Pemilihan tahun 2024. KPU ingin semua pihak dapat bersinergi sesuai dengan perannya.

 

“Tentunya melalui webinar ini, informasi yang disampaikan dapat saling melengkapi, saling memberikan informasi sehingga bisa belajar banyak melalui program ini. Semoga memberikan kontribusi bukan saja hanya pelaksanaan tahapan secara teknis tetapi juga peningkatan partisipasi masyarakat yang berkualitas” jelas Dewa Raka Sandi.

 

Sebagai moderator Jurnalis, Anisha Dasuki. Pemaparan potret perkembangan pilot project DP3 diberikan kesempatan kepada KPU Provinsi Sulawesi Selatan, KPU Provinsi Jawa Barat, KPU Provinsi Ternate. Untuk Kabupaten/Kota ditunjuk KPU Kabupaten Badung dengan locus Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, KPU Kabupaten Kupang, dan KPU Kota Tomohon.

 

Masing-masing menyampaikan progress pelaksanaan Pilot Project DP3 di desa/kelurahan yang menjadi locus didampingi oleh perwakilan dari Pemerintahan Daerah.

 

Sesi terakhir, Anggota KPU RI Divisi Data dan Informasi, Viryan Azis menyinggung Revitalisasi Demokrasi Asli Indonesia dengan tiga poin yaitu Indonesia Bangsa Demokratis, fase perkembangan demokrasi Indonesia dan ciri Demokrasi Asli Indonesia. Ada kesadaran demokratis yang tumbuh kembali secara otentik, menjadi pondasi demokrasi Indonesia yang dapat menguatkan pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

 

Pada sesi diskusi banyak masukan untuk pengembangan pelaksanaan program DP3. Semua pihak mengapresiasi dan menilai bahwa pelaksanaan Program DP3 ini bernilai sangat strategis untuk meningkatkan literasi pemilih, tentunya dengan harapan dapat menghasilkan pemilih yang mandiri dan bertanggung jawab.

Foto Terkait:

 

Komentar