Forum Diskusi Kita Bicara Pemilu KPU se Bali Angkat Tema Kode Etik Penyelenggara Pemilu

  • 15 Oktober 2021
  • 17:45 WITA
berita_211510081042_ForumDiskusiKitaBicaraPemiluKPUseBaliAngkatTemaKodeEtikPenyelenggaraPemilu.jpeg

Mangupura. - Sebagai salah satu Lembaga Penyelenggara Pemilu, KPU memiliki kewajiban atau larangan berupa tindakan dan/atau ucapan yang patut atau tidak patut dilakukan sebagai pedoman perilaku atau Kode Etik Penyelenggara Pemilu.

 

Menyikapi pentingnya Kode Etik Penyelenggara Pemilu untuk menunjang pelaksanaan proses tahapan 2024, KPU Provinsi Bali mengangkat tema Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu dalam Forum Diskusi Kita Bicara Pemilu bersama Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten/Kota se-Bali, Jumat (15/10/2021).

 

Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM I Gede John Darmawan yang membuka acara menyampaikan bahwa Pelanggaran Kode Etik tidak bisa kita perkirakan kapan terjadinya. Ini menjadi kewaspadaan dimana kita harus belajar dari pengalaman terdahulu supaya bisa lebih profesional untuk menghadapi pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024.

 

Pada kegiatan yang dilakukan secara daring ini menghadirkan Anggota KPU Kabupaten Buleleng Divisi Hukum dan Pengawasan Made Sumertana sebagai narasumber, dengan Moderator Kasubbag Hukum KPU Kabupaten Gianyar Ni Putu Sri Krisnawati.

 

Melalui materi Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu disampaikan prinsip-prinsip profesionalitas sebagai penyelenggara pemilu yaitu, berkepastian hukum, aksesibilitas, tertib, terbuka, proporsional, professional, efisiensi, efektif, dan kepentingan umum.

 

Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Bali Anak Agung Gede Raka Nakula menambahkan bahwa KPU adalah lembaga yang paling diawasi oleh semua lembaga di Indonesia.

 

"Jangan menilai bahwa putusan DKPP itu tidak bagus, karena apa yang anda lihat tergantung dari apa yang anda inginkan, sehingga ini memang menjadi tugas kita, menjadi tantangan kita kedepan untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kinerja kita untuk menjadi lebih baik" jelas Agung Nakula dalam diskusi.

 

Melalui diskusi ini diharapkan KPU sebagai penyelenggara pemilu dapat memperbaiki diri dan meningkatkan kinerja, melaksanakan tahapan sesuai dengan aturan dan regulasi, mempersiapkan diri dengan baik sehingga pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2024 dapat berjalan baik.

 

Foto terkait:

 

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait