KPU Badung Gelar Rakor Pendokumentasian dan Pengarsipan Pengelolaan Logistik Pemilu dan Pemilihan

  • 08 Oktober 2021
  • 13:25 WITA
berita_211310101000_KPUBadungGelarRakorPendokumentasiandanPengarsipanPengelolaanLogistikPemiludanPemilihan.jpeg

Mangupura. - Dokumen atau arsip merupakan hal penting yang tidak hanya dibutuhkan saat terjadi persoalan hukum. Karenanya, perlu dilakukan penataan dan pengelolaan arsip dengan baik.
Demikian salah satu penekanan dalam rapat koordinasi pendokumentasian dan pengarsipan pengelolaan logistik pemilu dan pemilihan (Jumat, 8/10/2021).

Saat membuka rapat, Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta menyampaikan bahwa penataan arsip merupakan hal penting yang tetap harus dilakukan di tengah keterbatasan KPU. Hal ini diamini Anggota KPU Provinsi Bali I Gede John Darmawan, mengingat jumlah arsip pemilu dan pemilihan yang sangat banyak dan bernilai sejarah.

Rapat koordinasi yang diselenggarakan KPU Kabupaten Badung ini, merupakan tindak lanjut dari koordinasi sebelumnya dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali serta Kabupaten Badung. Hal ini mengingat arsip yang dimiliki KPU Kabupaten Badung saat ini, sudah dapat diusulkan untuk pemusnahan melalui persetujuan ANRI.

Melalui rapat koordinasi ini, dapat diperoleh masukan terkait urutan dan proses pengajuan arsip usul musnah ke ANRI. Selain itu, solusi terkait penggunaan digitalisasi arsip, terhadap arsip yang jumlahnya banyak dan tidak tersedia tempat penyimpanan yang memadai.

 

Foto terkait:

 

Komentar

Dokumen Terkait