KPU Badung Ikuti Forum Diskusi Kita Bicara Pemilu Tentang Pentingnya SOP Rancangan Keputusan

  • 06 Oktober 2021
  • 15:05 WITA
berita_210610031013_KPUBadungIkutiForumDiskusiKitaBicaraPemiluTentangPentingnyaSOPRancanganKeputusan.jpeg

Mangupura. - Sebagai penguat pemahaman tentang pentingnya SOP sebagai landasan pelaksanaan sebuah kegiatan, KPU Provinsi Bali membuka Forum Diskusi Kita Bicara Pemilu dengan tema “SOP Penyusunan Rancangan Keputusan di tingkat KPU Kabupaten/Kota” dengan  mengundang Anggota KPU Kabupaten/Kota serta Kasubbag Hukum  se-Bali, Rabu (6/10/2021).

 

Kegiatan yang berlangsung via daring ini di buka oleh Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Perencanaan Data dan Informasi I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya. Selanjutnya Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Hukum dan Pengawasan, Anak Agung Gede Raka Nakula dalam arahannya menyampaikan, SOP sangat penting untuk terbitnya Keputusan. Ada syarat formil dan materiilnya sehingga dengan adanya diskusi ini diharapkan bisa menemukan jawaban untuk kegiatan kedepan.

 

Hadir sebagai narasumber anggota KPU Kabupaten Bangli Divisi Hukum dan Pengawasan Gde P. Roy Suparman, menyampaikan Metode SFUT dalam pembuatan SOP yakni Simpel: Menyederhanakan dan memudahkan penyampaian petunjuk, Fast: Mempercepat dan mempermudah pekerjaan, Uniformize: Menyeragamkan dan memperlancar pelaksanaan kegiatan dan Team Work: Meningkatkan kerjasama antara pimpian, staf dan unsur pelaksana.

 

Dalam sesi diskusi banyak disampaikan masukan serta sharing informasi dari masing-masing KPU Kabupaten/Kota terhadap permasalahan-permasalahan dalam pembuatan SOP terkait penyusunan rancangan keputusan.

 

Pada akhir kegiatan Anak Agung Gede Raka Nakula menyampaikan kesimpulan bahwa SOP memiliki 3 fungsi penting yaitu : konsistensi, reduksi kesalahan dan komunikasi yang baik.

 

Foto Terkait:

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait