Kolaborasi Divisi Teknis Bali - Kaltara Bahas Penyusunan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Kota

  • 05 Oktober 2021
  • 12:25 WITA
berita_210510011011_KolaborasiDivisiTeknisBali-KaltaraBahasPenyusunanDapildanAlokasiKursiDPRDKabupatenKota.jpeg

Mangupura. - KPU Kabupaten Badung Ikuti Diskusi teknis dengan tema “Penyusunan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten/Kota” yang merupakan Kolaborasi KPU Provinsi Kalimantan Utara bersama KPU Provinsi Bali, Selasa (05/10/2021) yang dilaksanakan secara daring.

 

Diskusi dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan. Disampaikan bahwa dalam diskusi ini menjadi tempat pembelajaran, sharing pendapat terhadap pelaksanaan tahapan penataan dapil yang sudah pernah kita lakukan.

 

“Sekarang kesempatan untuk menggali hal-hal yang baik, apa yang menjadi masalah sebelumnya didiskusikan, cari solusinya sehingga tidak lagi menjadi masalah pada pemilihan yang akan datang” papar Agung Lidartawan.

 

KPU Provinsi Bali juga sudah melakukan pendampingan KPU Kabupaten Gianyar untuk melakukan koordinasi ke KPU RI terhadap daerah yang akan melakukan penambahan kursi karena jumlah penduduknya sudah bertambah signifikan.

 

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Utara, Suryanata Al Islami, sebagai Pemantik Diskusi. Penataan Dapil ini menjadi perhatian utama bagi Kaltara. Suryanata menyampaikan gambaran jumlah penduduk dan suka duka penataan Dapil khususnya di daerah yang berbatasan dengan wilayah luar. Disini menjadi tempat belajar untuk kedepannya dapat melakukan penataan dapil dengan lebih baik.

 

Sebagai Moderator, Anggota KPU Kota Denpasar, I Made Windia, Narasumber utama Anggota KPU Kabupaten Nunukan, Kaharuddin dengan materi Penataan Daerah Pemilihan DPRD Kabupaten/Kota Pemilu 2024. Alur Penataan Dapil, alokasi kursi DPRD Kabupaten/kota dengan cara penghitungan dan penentuan alokasi kursi di masing-masing Dapil, pemecahan dan penggabungan Dapil serta prinsip penyusunan Dapil menjadi bahasan pokok dalam materi.

 

Selain mendiskusikan mekanisme penataan dapil dan alokasi kursi khususnya melakukan uji publik dapil, juga dibahas kendala dan rekomendasi dalam proses penyusunan Dapil di daerah dengan kondisi khusus.

 

Diskusi yang diikuti oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten/Kota se-Bali dan se-Kalimantan Utara, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang baik dalam pelaksanaan tahapan pada Pemilihan yang akan datang.

 

Foto Terkait:

 

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait