AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

PPK dan PPS se-Badung Maksimalkan Susun Daftar Pemilih Menuju DPT Pemilu 2019

Oleh : kpubadung | 31 Juli 2018 | Dibaca : 286 Pengunjung

Mangupura- Sebelum penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Hasil Perbaikan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu Tahun 2019, KPU Kabupaten Badung memantapkan penyusunan DPSHP agar menjadi data valid dan akurat. Melalui bimbingan teknis penyusunan DPSHP, pemantapan dilakukan bagi PPK dan PPS se-Kabupaten Badung.

Bimbingan teknis penyusunan DPSHP akhir untuk Pemilu 2019, berlangsung pada Selasa (31/7/2018) di Hotel Nirmala. Proses penyusunan pemutakhiran data ini merupakan proses terakhir sebelum penetapan menjadi DPT pada 15-21 Agustus 2018 di tingkat Kabupaten Badung.

Pada penyusunan DPSHP ini, disampaikan teknis perbaikan data oleh Operator Sidalih KPU Kabupaten Badung. Tahap ini masih memberikan kesempatan pada PPS untuk melakukan perbaikan data. Diantaranya karena mutasi, kesalahan input data, ubah data, atau hal lain yang mempengaruhi penyusunan DPT.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta dalam materinya menyampaikan tahapan proses penyusunan daftar pemilih. “Perbaikan DPSHP telah dimulai dari 30 Juli sampai 8 Agustus 2018, sudah bisa dieksekusi” demikian disampaikan Semara Cipta.

Tahap ini selanjutnya diikuti dengan penetapan secara berjenjang mulai dari tingkat PPS sampai PPK, menjadi DPT. Karenanya, tahapan perbaikan ini merupakan proses penting untuk memastikan seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Badung. Hal ini akan berdampak pada ketersediaan surat suara bila terdapat pemilih tambahan karena tidak tercantum dalam DPT.

Mengapresiasi pelaksanaan bimtek, peserta yang hadir mengajukan pertanyaan sekaligus evaluasi data pemilih pada Pilgub 27 Juni 2018 lalu. Antara lain mengenai pemutakhiran data pemilih di Lapas Kerobokan, distribusi C6, serta yang tak kalah pentingnya berkaitan dengan detail pada proses perbaikan DPSHP akhir ini.


Oleh : kpubadung | 31 Juli 2018 | Dibaca : 286 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?