AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU Badung Koordinasikan Mekanisme Perbaikan Syarat Calon

Oleh : kpubadung | 30 Juli 2018 | Dibaca : 95 Pengunjung

Menjelang berakhirnya masa perbaikan berkas syarat calon DPRD Kabupaten Badung yang akan berlaga pada kontestasi politik Pemilu 17 April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung mengumpulkan kembali operator dan LO Partai Politik se-Badung. Berdasarkan Keputusan KPU RI nomor 961 tahun 2018, disampaikan beberapa hal terkait petunjuk teknis perbaikan syarat bakal calon Anggota DPRD Kabupaten, yang telah diterima pendaftarannya oleh KPU Kabupaten Badung.

Untuk memastikan agar berkas calon dari masing-masing Parpol dapat dilengkapi pada masa perbaikan yang akan berakhir tanggal 31 Juli 2018 pukul 24:00 wita nanti, KPU Kabupaten Badung mengundang segenap penghubung/LO partai politik yang telah diterima pendaftarannya untuk hadir mengikuti rapat koordinasi tata cara perbaikan syarat bakal calon anggota DPRD Kabupaten Badung, di Kantor KPU Kabupaten Badung, Minggu (29/07/2018).

Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Badung Anak Agung Gede Raka Nakula menyampaikan agar parpol memperhatikan keterwakilan perempuan yang menjadi syarat mutlak dan mempengaruhi diterima atau tidaknya pendaftaran pencalonan pada satu dapil. “Bila keterwakilan perempuan kurang dari 30% dalam satu daerah pemilihan (dapil) maka akan mengakibatkan gugurnya semua bakal calon yang ada dalam satu dapil tersebut,” tegas Agung Nakula

Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Teknis Penyelenggaraan, I Wayan Semara Cipta, memaparkan bagaimana mekanisme perbaikan maupun penggantian bakal calon sebagaimana diatur dan dijelaskan dalam Junknis 961 tersebut.

“Penggantian bakal calon diperbolehkan selama masa perbaikan, selama tidak merupakan penggantian bakal calon lintas Dapil atau lintas tingkatan,” kata Semara Cipta.

Kemudahan yang dapat dilakukan terkait penyiapan dokumen perbaikan syarat calon seperti ketidaksesuaian nama yang tertera pada ijazah, sebelumnya diatur agar dilakukan klarifikasi dan penetapan pengadilan, namun dengan keluarnya Juknis, maka saat perbaikan kali ini dapat  dilakukan dengan cukup membuat surat pernyataan bermaterai oleh yang bersangkutan, bahwa nama pada ijazah yang disertakan merupakan nama bakal calon bersangkutan.

Penekanan lainnya yang tak kalah penting yaitu bilamana Aplikasi Silon mengalami gangguan atau tidak dapat digunakan, maka pelaksanaan perbaikan dilakukan secara manual.

“Kami mohon LO dan Operator Silon Parpol agar menyiapkan segala dokumen perbaikan kemudian melakukan pindai/scan terhadap dokumen tersebut bilamana nanti dibutuhkan untuk unggah data tersebut ke Silon,” tegas Semara Cipta di akhir acara.

Tahapan yang akan datang terkait pencalonan calon anggota DPR/DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota adalah Penetapan Daftar Calon Sementara pada 8-12 Agustus 2018, sedangkan penetapan Daftar Calon Tetap dilakukan pada tanggal 20 September 2018.


Oleh : kpubadung | 30 Juli 2018 | Dibaca : 95 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?