AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU BADUNG REKAPITULASI DAFTAR PEMILIH HASIL PERBAIKAN, TOTAL 1363 TPS UNTUK PEMILU 2019

Oleh : kpubadung | 22 Juli 2018 | Dibaca : 138 Pengunjung

Mangupura- Memasuki tahapan rekapitulasi daftar pemilih hasil perbaikan untuk Pemilu 2019, KPU Kabupaten Badung memetakan 1363 TPS. Hal tersebut tertuang dalam berita acara penetapan daftar pemilih hasil perbaikan se-Kabupaten Badung pada Minggu (22/7/2018) di Mangupura.

Penetapan terhadap daftar pemilih hasil perbaikan dilakukan setelah melalui tahap rekapitulasi dari tingkat desa oleh PPS. Dalam pemaparannya, Anggota KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta menyampaikan terdapat lebih dari 1500 pemilih dari hasil rekapitulasi tersebut.

Rekapitulasi DPS HP di antaranya diperoleh dari penambahan jumlah pemilih baru, mutasi pemilih, serta pemilih meninggal dunia atau pindah alamat. Hasilnya, pemilih dengan total lebih dari 365.127, tersebar pada 1363 TPS di Kabupaten Badung.

“Jumlah TPS bertambah di Desa Plaga sebanyak 3 TPS, sehingga dari 1360 pada penetapan DPS, menjadi 1363 TPS” jelas Semara Cipta. Penambahan ini salah satunya untuk menyesuaikan dengan komposisi penduduk dan kondisi wilayah. Diharapkan, lokasi TPS nantinya yang berdekatan dengan domisili pemilih dapat meningkatkan partisipasi pada Pemilu 2019.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Kabupaten Badung Anak Agung Gede Raka Nakula mengharapkan partisipasi, khususnya terhadap parpol yang hadir, untuk dapat melakukan pemantauan atas DPS hasil perbaikan ini. “Partai politik dapat mengecek langsung apakah pendukungnya telah terdaftar sebagai pemilih atau belum” harap Raka Nakula.

Terkait hal tersebut, jika terdapat perbaikan atas DPS HP ini, dapat dilaporkan kepada PPS di wilayahnya, atau langsung ke KPU Kabupaten Badung. Diharapkan, proses ini dapat membantu penyusunan data yang akuntabel dan transparan, sebelum penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pertengahan Agustus 2018.


Oleh : kpubadung | 22 Juli 2018 | Dibaca : 138 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?