AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU Badung Bekali PPK Mekanisme Pengisian Formulir Rekapitulasi Perolehan Suara Pilgub Bali 2018

Oleh : kpubadung | 22 Juni 2018 | Dibaca : 151 Pengunjung

Proses rekapitulasi hasil penghitungan suara merupakan tahapan setelah pemungutan dan penghitungan suara di TPS tanggal 27 Juni 2018 nanti dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Tahun 2018.

Proses rekapitulasi dilakukan berjenjang dari tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), KPU Kabupaten hingga ke KPU Provinsi Bali, mulai tanggal 28 Juni hingga 9 Juli 2018.

Yang menjadi penting dalam proses rekapitulasi penghitungan suara adalah pengisian formulir rekapitulasi berupa Formulir Model DAA untuk tingkat Desa/Kelurahan dan Model DA1 untuk tingkat Kecamatan.

Berkenaan dengan hal tersebut, untuk memastikan proses rekapitulasi nanti tersebut, KPU Kabupaten Badung mengundang Operator rekapitulasi di tingkat kecamatan dengan didampingi Ketua PPK se Kabupaten Badung dalam Bimbingan Teknis yang diselenggarakan di Kantor KPU Kabupaten Badung, Jumat (22/06/2018).

Pengisian Formulir Rekapitulasi sudah disediakan alat bantu oleh KPU RI berupa Formulir DAA dan DA1 yang dibuat otomatis oleh Sistem Penghitungan Suara (SITUNG) Web, SITUNG Agregator untuk merekapitulasi isian Formulir DAA menjadi DA1.

Selain diberikan pemahaman cara pengisian formulir rekapitulasi, peserta Bimtek juga dikenalkan dengan tahapan kegiatan pasca selesainya proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Kegiatan tersebut diantaranya adalah pengumpulan Formulir Model C dan C1 dari TPS kepada KPU Kabupaten melalui PPK, dilanjutkan dengan proses pindai dan entri formulir tersebut untuk diunggah dan diumumkan sesegera mungkin ke publik.

“Upaya ini adalah untuk menjaga kepercayaan publik terhadap transparansi dari pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara yang telah dilakukan, sebelum pada akhirnya terdapat proses rekapitulasi dan penetapan calon terpilih oleh KPU,” kata Anggota KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta.

Sebagai kegiatan puncaknya, peserta juga diajak untuk melakukan simulasi pengisian formulir DAA di tingkat desa/kelurahan dan melihat kompilasinya pada formulir model DA1 di tingkat kecamatan yang dihitung secara otomatis menggunakan aplikasi Situng Agregator maupun formula khusus dalam file excel.

 

DOKUMENTASI KEGIATAN


Oleh : kpubadung | 22 Juni 2018 | Dibaca : 151 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?