AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU Badung Gunakan 75 TPS Dalam Simulasi SITUNG Tahap I

Oleh : kpubadung | 28 Mei 2018 | Dibaca : 244 Pengunjung



Sebagaimana menjadi agenda Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, bahwa pada Senin, 28 Mei 2018 menjadi hari pertama dalam pelaksanaan rangkaian uji coba Sistem Informasi Penghitungan Suara (SITUNG) dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 yang digagas dalam tiga tahap.

Mengikuti petunjuk KPU RI, untuk mengujicoba 3 TPS per Desa/Kelurahan, dan 5 Desa/Kelurahan untuk 5 Kecamatan, di Kabupaten Badung, terhitung menjadi 75 TPS yang diujicoba dimasukkan ke dalam SITUNG.

SITUNG sendiri terdiri dari berberapa aplikasi yaitu SITUNG Entri, Situng Pindai, Situng Web dan Situng Agregator yang kesemuanya bekerja saling terkait untuk melaporkan hasil penghitungan suara di TPS melalui website kepada masyarakat umum.

Dilaksanakannya uji coba terhadap SITUNG ini adalah untuk mengukur kesiapan aplikasi SITUNG dan juga menghitung estimasi lama waktu pengerjaan tahapan yang diperlukan dalam aplikasi serta menemukan kendala-kendala yang terkait di dalamnya.

Dalam ujicoba ini diperintahkan untuk mengisi Formulir Model C dan C1 untuk 75 TPS, Model DAA, dan DA1, yang kesemuanya melalui proses entri, pindai (scan) dan di unggah (upload) ke website KPU RI. Keseluruhan proses ujicoba tidak menemui kendala sehingga dapat diselesaikan dengan baik.

Adapun wilayah yang menjadi bagian dari skema ujicoba yaitu wilayah kecamatan Abiansemal, Kuta, Kuta Selatan, Kuta Utara dan Mengwi dengan masing-masing 5 Desa/Kelurahan didalamnya.

Dalam skema ujicoba selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2018 dengan 300 TPS dan pada 25 Juni 2018 dengan melibatkan 3 TPS pada semua Desa/Kelurahan yang ada untuk dimasukkan ke dalam SITUNG.

 

FOTO KEGIATAN


Oleh : kpubadung | 28 Mei 2018 | Dibaca : 244 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?