AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU Badung Beri Bimtek Putungsura Kepada PPK

Oleh : kpubadung | 23 Mei 2018 | Dibaca : 230 Pengunjung

Pemungutan dan penghitungan suara (Putungsura) merupakan tahapan puncak dalam pelaksanaan suatu pemilu atau pemilihan, yang mana harus dipastikan prosesnya berlangsung baik dan benar seuai kaidah peraturan dan norma penyelenggaraan.

Dalam memasuki tahapan Putungsura Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Bali Tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 27 Juni nanti, KPU Kabupaten Badung bersiap dengan memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait tahapan dan teknis pelaksanaannya dimulai kepada PPK.

Bimtek Putungsura ini melibatkan seluruh anggota PPK dari setiap kecamatan di Kabupaten Badung yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di lingkungan Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung, Rabu (23/5/2018)

Menggunakan metode active-learning, dimana peserta bimtek dituntut lebih banyak terlibat dalam praktik teknis pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS serta mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang kerap terjadi terkait proses tersebut di lapangan.

Ketua KPU Kabupaten Badung, Anak Agung Gede Raka Nakula dalam sambutannya menyampaikan, menjadi tugas PPK setelah menerima Bimtek Putungsura ini meneruskan kepada jajaran pelaksana pemilu yang ada dibawahnya yakni PPS hingga KPPS.

Acara Bimtek Putungsura ini dipandu oleh Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Teknis Penyelenggaraan, I Wayan Semara Cipta, dimulai dengan pemberian soal-soal pre-test berupa soal-soal seputar Putungsura untuk mengukur kemampuan awal sebelum dibekali materi.

Peserta kemudian diberikan studi kasus berkelompok untuk membahas bagaimana teknis pelaksanaan putungsura, baik sebelum hingga pada saat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, lalu mempresentasikan hasilnya untuk mendapat tanggapan dan sanggahan dari kelompok lainnya.

Jalannya bimtek cukup seru mengingat dengan metode active-learning ini, peserta dapat langsung melakukan praktek dan menggali sendiri kemampuan terbaiknya dalam menjawab persoalan-persoalan seputar putungsura yang diberikan.

Diakhir acara, I Wayan Semara Cipta memberikan pemaparan mengenai hal-hal yang baru dalam putungsura kali ini seperti, tugas-tugas baru KPPS, pemilih yang mengisi daftar hadir sendiri di TPS, kemudian pemilih diberikan surat suara dalam keadaan terbuka oleh KPPS dan penyempurnaan pemahaman lainnya atas kegiatan diskusi selama Bimtek.

 

Dokumentasi terkait :


Oleh : kpubadung | 23 Mei 2018 | Dibaca : 230 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?