AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

Setelah Tetapkan Dapil KPU Badung Minta Paslon Bersiap Tahap Pencalonan Pemilu 2019

Oleh : kpubadung | 27 April 2018 | Dibaca : 25 Pengunjung

Pasca ditetapkan melalui Keputusan KPU RI Nomor 280/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018, pada tanggal 4 April 2018, tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Wilayah Provinsi Bali, KPU Kabupaten Badung melakukan sosialisasi kepada segenap stakeholder terkait hasil penetapan tersebut.

 

Ketua KPU Kabupaten Badung Anak Agung Gede Raka Nakula dalam pembukaannya menyampaikan tujuan dilakukan sosialisasi ini adalah untuk menyampaikan kepada publik hasil penataan Dapil dan Alokasi kursi di Kabupaten Badung kepada para pemangku kepentingan (stakeholder).

 

"Pada kesempatan ini kami sampaikan hasil penetapan Dapil dan Alokasi Kursi di Kabupaten Badung, sehingga menjadi pegangan bagi setiap parpol dalam melakukan persiapan untuk tahapan pencalonan yang akan dimulai Juli nanti,” kata Agung Nakula pada Acara Sosialisasi di Warung Mina Dalung, Jumat (27/04/2018).

 

Kabupaten dalam Keputusan KPU RI tersebut terbagi kedalam 6 Dapil dengan total Kursi 40, masing-masing adalah Dapil Mengwi (10 Kursi), Abiansemal (8 Kursi), Petang (3 Kursi), Kuta Selatan (8 Kursi), Kuta (5 Kursi), dan Kuta Utara (6 Kursi).

 

Pada Provinsi Bali, Kabupaten Badung masih tetap pada Dapil dan alokasi yang lama yakni nomor urut Dapil 2 dengan alokasi kursi sejumlah 6 buah kursi.

 

Dalam kesempatan yang sama, Anggota KPU Kabupaten Badung, Divisi Teknis Penyelenggaraan, I Wayan Semara Cipta menyampaikan beberapa hal terkait pencalonan anggota DPR dan DPRD untuk Pemilu 2019 Sambil menunggu dikeluarkannya Peraturan KPU tentang Pencalonan yang mengatur lebih rigid lagi.

 

“Beberapa hal terkait persyaratan pencalonan sudah diatur dalam UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu diantaranya jumlah calon maksimal pada satu dapil maksimal 100% jumlah kursi pada dapil, syarat keterwakilan perempuan minimal 30%, dan bakal calon disusun dalam bentuk Daftar Calon dalam urutan nomor ditetapkan oleh pimpinan parpol dimasing-masing tingkatannya,” kata Semara Cipta.

 

Di akhir kegiatan ini disampaikan untuk diketahui kepada segenap undangan yang hadir, Keputusan KPU RI tentang Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi masing-masing kepada Instansi Pemerintah Terkait di lingkungan Kabupaten Badung, Pimpinan Parpol di Kabupaten Badung, serta Panwaslu Kabupaten Badung.


Oleh : kpubadung | 27 April 2018 | Dibaca : 25 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?