AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

Bersiap Rekrutmen KPPS, KPU Badung Gelar Sosialisasi Undang PPK

Oleh : kpubadung | 11 April 2018 | Dibaca : 354 Pengunjung

Sebelum memasuki tahapan pemungutan suara, tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur (Pilgub) Bali Tahun 2018 terlebih dahulu memasuki tahapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Pada tahapan ini diatur mekanisme rekrutmen calon anggota KPPS sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan KPU Provinsi Bali Nomor 1140 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pembentukan KPPS dalam Pilgub Bali Tahun 2018.

Kepada anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang hadir pada Sosialisasi Pembentukan KPPS, Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Sosialisasi dan SDM, I Wayan Artana Dana menjelaskan tentang mekanisme rekrutmen KPPS yang diatur melalui dua metode yakni, metode pendaftaran dan metode pengusulan.

“Meski diatur dapat dilakukan melalui mekanisme pendaftaran ataupun pengusulan, tetap harus diperhatikan legalitas administrasi harus dipenuhi untuk mencegah munculnya masalah dikemudian hari,” jelas Artana Dana, di Ruang Rapat KPU Kabupaten Badung, Rabu (11/04/2018).
Anggota KPU Kabupaten Badung, Luh Nesia Padma Gandi, menyampaikan bagaimana mekanisme pertanggungjawaban keuangan dan biaya-biaya yang timbul di KPPS seperti honor, biaya angkut dan jaga logistik serta pembuatan TPS.

I Wayan Semara Cipta menyampaikan penegasan perihal strategi perekrutan KPPS dapat merekrut Guru/PNS, yang memahami “baca-tulis-hitung” dengan baik, dan terpenting petugas KPPS yang dibentuk adalah sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua Panwaslu Kabupaten Badung, Ketut Alit Astasoma menegaskan agar dalam setiap proses pembentukan KPPS tetap mengikuti mekanisme dan ketentuan yang ditentukan, sehingga tidak menimbulakan masalah dikemudian hari.

Dalam penyampaian penutupnya, Sekretaris KPU Kabupaten Badung I Wayan Warta kembali menegaskan pentingnya penekanan yang disampaikan Ketua Panwaslu Badung, agar dalam perekrutan KPPS berproses dengan benar dan didukung dengan administrasi yang disyaratkan. KPU dalam rangka tersebut akan membuat surat kepada Perbekel/lurah terkait permohonan agar memfasilitasi pembentukan KPPS dan Petugas Keamanan TPS, dengan tembusan kepada Camat.

Hasil sosialisasi ini akan diteruskan oleh PPK kepada PPS dalam kesempatan yang sama terkait pembentukan KPPS dalam rentang waktu 3 – 8 April 2018 sebagaimana jadwal dalam Juknis Pembentukan KPPS.

Sebagaimana tahapan, KPPS diharapkan sudah terbentuk paling lambat tanggal 3 Juni 2018 untuk selanjutnya bertugas dalam masa pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan akan dibubarkan pada 14 Juli 2018.


Oleh : kpubadung | 11 April 2018 | Dibaca : 354 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?