AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU Badung Hadiri Rapat Pleno Penetapan Hasil Verifikasi Partai Politik Tahun 2019

Oleh : kpubadung | 12 Februari 2018 | Dibaca : 65 Pengunjung

KPU Kabupaten Badung menghadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Verifikasi Partai Politik Tahun 2019 di Tingkat KPU Provinsi pada hari Senin (12/02/2018). Rapat yang diselenggarakan di kantor KPU Provinsi Bali dihadiri oleh Pimpinan Parpol Tingkat Provinsi, Ketua Bawaslu Provinsi Bali, Ketua KPU serta Operator SIPOL Kabupaten/Kota se-Bali.

Dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi didampingi oleh seluruh anggota KPU Provinsi Bali menyampaikan bahwa penetapan hasil verifikasi parpol tingkat provinsi ini menjadi prasyarat parpol yang ada di Bali selanjutnya ditetapkan oleh KPU RI menjadi peserta Pemilu 2019. Lebih lanjut Dewa Raka Sandi menegaskan bahwa KPU Bali hanya menyampaikan hasil rekapan saja yang selanjutnya keputusan final lolos atau tidaknya partai politik menjadi peserta Pemilu 2019 akan ditentukan oleh KPU RI pada tanggal 17 Februari 2018.

Mekanisme pelaksanaan rapat pleno dilakukan dengan membacakan rekapitulasi hasil verifikasi dari masing-masing kabupaten/kota secara bergantian oleh komisioner KPU Provinsi Bali. Dari hasil yang dibacakan selanjutnya dimintakan koreksi kepada kabupaten/kota serta partai politik. Terhadap data yang dikoreksi langsung dilakukan perbaikan secara manual.

Ketua Bawaslu Provinsi Bali I Ketut Rudia dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa data hasil pengawasan yang dilakukan oleh jajarannya ditingkat kabupaten/kota maupun kecamatan menyatakan KPU dalam melaksanakan tahapan verifikasi telah sesuai dengan mekanisme. Beberapa hal yang menjadi rekomendasi telah dilakukan koordinasi dan ditindaklanjuti oleh KPU Provinsi Bali.

Dalam rekapitulasi tingkat provinsi ini secara keseluruhan hasil verifikasi kepengurusan, keterwakilan 30% pengurus perempuan, keberadaan domisili kantor tetap serta keanggotaan partai politik tingkat Provinsi Bali dinyatakan memenuhi syarat. Setelah proses penandatanganan, dilanjutkan dengan penyampaian Salinan Berita Acara kepada Pimpinan Partai Politik tingkat Provinsi.

Rapat pleno ditutup dengan ucapan selamat kepada Partai Politik dan apresiasi yang sebesar-besarnya pada jajaran KPU Kabupaten/Kota. Setelah ini KPU provinsi Bali akan mengikuti rekapitulasi dan sinkronisasi data pada rekap nasional di KPU. Harapannya agar semua pihak agar dapat mengawal pelaksanaan tahapan dengan baik.


Oleh : kpubadung | 12 Februari 2018 | Dibaca : 65 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?