AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

Bimtek PPDP, KPU Badung Tekankan Validitas Data Pemilih

Oleh : kpubadung | 16 Januari 2018 | Dibaca : 250 Pengunjung

Mangupura- Validitas data pemilih sebagai elemen penting dalam tahap penyelenggaraan pemilihan, menjadi salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan pemilu. Hal ini akan menentukan proses tahapan selanjutnya, seperti pemetaan TPS dan keperluan logistik.

Hal tersebut ditegaskan dalam sambutan oleh Komisioner KPU Kabupaten Badung Ni Luh Nesia Padma Gandi saat membuka kegiatan Bimtek Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Kecamatan Kuta Utara, Selasa (16/01/2018). “Pemetaan TPS, alokasi logistik, penyediaan bahan dan Alat Peraga Kampanye, pungut hitung dan rekapitulasi hasil perolehan suara yang  berujung pada tingkat partisipasi suatu pemilihan, berdasar pada data pemilih yang valid” tegasnya.

Lebih lanjut diharapkan PPDP sebagai garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan pemilih sebagai penyedia informasi, agar selalu berkoordinasi, bersungguh-sungguh serta bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan wewenang yang diberikan. Demikian pula dengan PPS sebagai ujung tombak KPU di tingkat desa/kelurahan yang memiliki kewenangan dalam tahapan pemuktahiran dan penyusunan daftar data pemilih. PPS bertugas mulai dari pemetaan TPS, memperbaiki dan/atau mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat, hingga mengumumkan DPT kepada masyarakat.

Kegiatan bimtek diawali dengan pembacaan SK KPU Kabupaten Badung tentang pengangkatan PPDP, dilanjutkan dengan pengucapan sumpah janji PPDP, dan pembacaan Pakta Integritas oleh Ketua PPK Kuta Utara I Ketut Gede Suraharja. Dirangkaikan dengan penandatanganan surat pernyataan dari masing-masing PPDP dan penyerahan SK pengangkatan kepada PPDP.

Bimtek kepada PPDP diisi dengan materi terkait teknis kerja PPDP baik di tahap Persiapan, Pelaksanaan dan Pelaporan serta tata cara pengisian Formulir dan etika kerja PPDP. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari sosialisasi tentang perekrutan dan pembentukan PPDP pada Desember 2017 yang lalu


Oleh : kpubadung | 16 Januari 2018 | Dibaca : 250 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?