AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

Jelang Pilgub 2018, KPU Badung Sosialisasi Internal Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018

Oleh : kpubadung | 19 Juni 2017 | Dibaca : 110 Pengunjung

Mangupura,-Gaung Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Tahun 2018 sudah mulai terdengar, seiring dengan diterbitkannya Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018.

Berkenaan dengan hal tersebut, KPU Badung melakukan sosialisasi dilingkungan internal KPU Badung pada Senin (19/6/2018). Ketua KPU Badung A.A Gede Raka Nakula dalam pembukaan kegiatan mengatakan sosialisasi intern ini dimaksudkan agar seluruh jajaran KPU Badung mengetahui dan memahami isi tahapan, program dan jadwal Pilkada serentak tahun 2018 sebelum melakukan sosialisasi kepada stakeholder terkait.Digawangi oleh Divisi Hukum, sosialisasi disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Hukum I Gede Eka Esa Daryawan. Dikatakan bahwa penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2018 berpedoman pada tahapan, program dan jadwal sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU ini. Tahapan pemilihan itu sendiri terdiri atas tahapan persiapan yang meliputi perencanaan  program dan anggaran, penyusunan dan penandatanganan  naskah perjanjian hibah daerah (nphd), penyusunan dan pengesahan peraturan penyelenggaraan pemilihan, sosialisasi, pembentukan panitia adhoc, pemantauan pemilihan, pengolahan DP4 serta pemutakhiran  data dan daftar pemilih. Sedangkan tahapan penyelenggaraan meliputi pencalonan, sengketa TUN, kampanye, audit dana kampanye, pengadaan & distribusi logistik, pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi hasil penghitungan suara, penetapan paslon terpilih tanpa permohonan PHPU, sengketa PHPU, Penetapan paslon terpilih pasca putusan MK, pengusulan pengesahan pengangkatan paslon terpilih dan evaluasi & pelaporan tahapan.

Sosialisasi yang diikuti oleh seluruh komisioner dan staf sekretariat berlangsung dalam suasana yang santai tetapi serius menyimak materi. Besar harapan sebagai penyelenggara pemilu mampu menyampaikan informasi tahapan ini dengan tepat kepada masyarakat.


Oleh : kpubadung | 19 Juni 2017 | Dibaca : 110 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?
Twitter