KPU Kabupaten Badung melaksanakan Rapat Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Bulan September Tahun 2021

  • 28 September 2021
  • 15:15 WITA
berita_212809030946_KPUKabupatenBadungmelaksanakanRapatRekapitulasiPemutakhiranDataPemilihBerkelanjutanBulanSeptemberTahun2021.jpeg

Mangupura, - 

KPU Kabupaten Badung melaksanakan Rapat Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Bulan September Tahun 2021 pada hari Selasa (28/09/2021)  secara daring dengan mengundang KPU Provinsi Bali, Bawaslu Kabupaten Badung, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Badung, Dinas Pendidikan Kabupaten Badung, Polres Badung, Polresta Denpasar, Dandim 1611/Badung, Kepala Lapas Klas IIA Kerobokan, Kepala Lapas Perempuan Klas IIA Denpasar, serta Partai Politik di Kabupaten Badung.

Dalam kegiatan ini, Bawaslu Kabupaten Badung meyampaikan telah melaksanakan uji petik secara acak terhadap hasil PDPB di Bulan Agustus Tahun 2021. Berdasarkan hasil sampling uji petik terdapat satu catatan dimana terdapat pemilih yang melakukan proses adminstrasi langsung ke tingkat Kecamatan, sehingga perubahan datanya tidak tercatat di tingkat Desa. 
 
Dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyampaikan masih terdapat kendala teknis dalam hal menyampaikan ajakan rekam KTP-el khususnya kepada para pemilih pemula. Sehingga diharapkan Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil Kabupaten Badung dapat membantu dengan kembali melakukan gerakan jemput bola ke Desa/Kelurahan. Sementara dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menyampaikan terkait pemilih yang pindah domisili khususnya pindah dalam satu Kabupaten agar mendapat perhatian khusus karena berpotensi dapat menimbulkan data ganda lintas Desa atau Kecamatan. Selebihnya peserta rapat dapat menerima hasil dari PDPB Bulan September di KPU Kabupaten Badung.

Adapun jumlah pemilih pada pelaksanaan rekapitulasi PDPB di Bulan September Tahun 2021 di Kabupaten Badung sebanyak 360.083 pemilih. Jumlah ini terjadi karena adanya pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 3.179 pemilih, yang terdiri dari pemilih meninggal sebanyak 1.702 pemilih dan pemilih pindah domisili keluar Kabupaten Badung sebanyak 1.477 pemilih. Selain itu juga terdapat perbaikan elemen data sebanyak 3 pemilih. Untuk pemilih baru yang sudah diverifikasi di Bulan September masih nihil. Sehingga ini menyebabkan terjadinya pengurangan jumlah pemilih dari jumlah di Bulan Agustus sebanyak 363.262 pemilih.

Foto terkait:

Berikut kami sertakan lampiran Berita Acara Rekapitulasi dan Daftar Pemilih Perubahan di Bulan September Tahun 2021:

BA, Model A-DPB, dan A.1-DPB Septermber 2021

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait