KPU Badung Tetapkan Paslon Terpilih Dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020

  • 23 Januari 2021
  • 12:10 WITA
berita_212701100103_KPUBadungTetapkanPaslonTerpilihDalamPemilihanSerentakTahun2020.jpeg

MANGUPURA. Setelah dapat dipastikan nihil gugatan dalam pemilihan serentak di Gumi Keris, KPU Kabupaten Badung melaksanakan Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Sabtu (23/01/2020). Acara yang berlangsung di The Westin Resort Nusa Dua Bali ini menetapkan Paslon Terpilih Atas Nama I Nyoman Giri Prasta, S.Sos dan Drs. I Ketut Suiasa, SH.

Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta menerangkan penetapan tersebut berdasarkan Keputusan Nomor : 090/PL.02.7-Kpt/5103/KPU-Kab/I/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020.

“Paslon terpilih memperoleh suara sebanyak 285.241 atau 94,63% dari total suara sah sebesar 301.413,” sebutnya.

Dalam kesempatan ini, pria yang akrab disapa Kayun itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Badung yang telah menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS 9 Desember 2020. 

“Kemudian terhadap seluruh stake holder, Pimpinan DPRD, Sekretaris Daerah, Pimpinan Partai Politik, Bawaslu Kabupaten Badung serta TNI-Polri yang selalu senantiasa mengawal setiap tahapan yang ada, kami juga sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tahun 2020 sebanyak 84,62%.

“Ini merupakan angka partisipasi tertinggi selama kurun waktu 15 tahun terakhir,” terangnya.

Dari data tersebut, birokrat asal Banjar Cabe, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal menyimpulkan bahwa kesadaran berpolitik masyarakat Badung semakin meningkat. Terbukti tidak hanya pada Pilbup Badung, tetapi juga kepada Pileg 2019 tingkat Parmas se-Badung melampui target nasional sebesar 77,75.

“Di Badung mencapai 87,22% ini suatu prestasi yang sangat luar biasa sehingga mampu melampaui target nasional,” ungkapnya.

“Hal ini menandakan bahwa kesadaran politik masyarakat Badung tinggi dan menyadari betul akan tanggung jawab sebagai warga Badung yang telah memiliki hak pilih, sehingga berkomitmen menjaga tanah kelahiran dengan datang berkontribusi menggunakan hak pilih meskipun di masa pandemi Covid-19,” tambahnya.

Selanjutnya ia juga mengatakan Berita Acara dan Surat Keputusan perihal penetapan Paslon terpilih yang diserahkan kepada Ketua DPRD Badung akan dijadikan dasar pelantikan.

“Semua ranah dan kewenangan pelantikan menjadi tanggung jawab pemerintah Kabupaten Badung,” tandasnya. 
Tidak lupa juga pihaknya mengucapkan permohonan maaf apabila terdapat hal-hal yang kurang berkenan dalam seluruh proses tahapan pemilihan. 

“Tentu semua berpacu kepada tujuan bagaiamana menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020,” ungkapnya.

Untuk memberikan informasi secara luas kepada masyarakat terkait penetapan Paslon terpilih, KPU Badung juga menyiarkannya secara langsung melalui kanal You Tube.

Hadir dalam kegiatan ini, Anggota KPU Provinsi Bali Luh Putu Sri Widyastini, Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa dan Made Sunarta, Sekda Badung Wayan Adi Arnawa, Forkompinda, Pasangan Calon, Perwakilan Partai Pengusul serta Bawaslu Badung.

Foto terkait :

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait