Masih Menunggu BRPK, KPU Badung Rancang Penetapan Paslon Terpilih

  • 06 Januari 2021
  • 09:05 WITA
berita_212701100122_MasihMenungguBRPK,KPUBadungRancangPenetapanPaslonTerpilih.jpg

MANGUPURA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung saat ini masih menunggu BRPK (Buku Register Perkara Konstitusi) dari KPU RI yang dikeluarkan MK (Mahkamah Konstitusi). Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah hasil suara yang ditetapkan terjadi gugatan. 

"Setelah menerima itu baru akan dilakukan penetapan Pasangan Calon terpilih. Penetapan Paslon minimal 5 hari setelah BRPK diterima," terang Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta, Rabu (06/1/2021).

Meski demikian, pria yang akrab disapa Kayun itu mengklaim kecil kemungkinan terjadi gugatan terhadap penetapan hasil perolehan suara Pilkada Badung. Terkait kapan BRPK akan diterima, pihaknya juga belum bisa memastikan, namun kemungkinan dikeluarkan pertengahan Januari.

“Sama halnya dengan jadwal penetapan Paslon terpilih akan dilakukan pertengahan Januari. Proses ini tidak mungkin lewat Januari karena pertengahan Februari kira-kira tanggal 17 dilakukan pelantikan,” ungkap orang nomor satu di KPU Badung itu.

“Proses pelantikan sendiri berada di bagian Tapem (Tata Pemerintahan) tambahnya,"

Sembari menunggu BRPK diterima, KPU Badung sedang merancang proses penetapan Paslon terpilih. Termasuk mencari tempat untuk melaksanakan penetapannya.

"Nanti undangan untuk penetapan jelas terbatas namun dipastikan mengundang Paslon. Untuk rancangan kami sedang memprosesnya termasuk  penjajakan tempat agar sesuai dengan protokol kesehatan Covi-19," tandasnya.

Kayun menambahkan sesuai dengan informasi awal, untuk Badung memang kecil kemungkinan terjadinya gugatan. Untuk memastikan hal tersebut, harus menunggu hasil BRPK dari MK. Karena dasar itu yang akan dijadikan pedoman penetapan Paslon terpilih.

“Sampai saat ini kita masih menunggu, nanti apabila sudah keluar pasti akan diinformasikan,” bebernya.

Sebelumnya, KPU setempat telah menetapkan hasil perolehan penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung pada Rabu (16/12/2020) bertempat di The Patra Bali Resort and Villas. Adapun hasilnya Kolom Kosong mendapatkan suara sebanyak 16.172 (5,37%).

Sedangkan Pasangan Calon I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa meraup suara 285.241 (94,63%).

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait