KPU Badung Dampingi Forkompinda dan OPD Terkait Cek Kesiapan Protokol Kesehatan di TPS

  • 08 Desember 2020
  • 14:05 WITA
berita_202812101210_KPUBadungDampingiForkompindadanOPDTerkaitCekKesiapanProtokolKesehatandiTPS.jpeg

MANGUPURA. Guna memastikan Pilkada Badung 2020 berjalan sukses, aman, dan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa bersama jajaran Forkopimda serta pimpinan OPD terkait melakukan pemantauan kesiapan pemungutan suara, Selasa (8/12/2020).

Sejumlah TPS didatangi dan dicek kesiapannya sebelum dipergunakan pada Rabu (9/12). TPS yang dipantau di antaranya wilayah Kecamatan Kuta Utara, Kecamatan Kuta, dan Kecamatan Kuta Selatan. Turut mendampingi dalam kegiatan Anggota KPU Badung Divisi Perencanaan Data dan Informasi I GKG Yusa Arsana Putra dan Ketua Bawaslu Badung I Ketut Alit Astasoma.

Sekda Adi Arnawa mengatakan kunjungan ke sejumlah TPS tersebut dalam rangka memantau persiapan penyelenggara pemilu dan TPS untuk pelaksanaan Pilkada Badung 2020. “Kami bersama para pimpinan Forkopimda dan OPD terkait hari ini hadir bersama memantau persiapan Pilkada Badung 2020 yang akan berlangsung besok,” ujarnya.

“Dari hasil pemantauan di beberapa TPS, penyelenggara juga sudah memastikan kesiapannya dalam menerapkan protokol kesehatan. Itu terbukti dengan disediakannya bilik khusus bagi para pemilih yang memiliki suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius,” imbuh birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan itu.

Pihaknya juga meminta KPPS di masing-masing TPS agar benar-benar melaksanakan Pilkada secara luber, walaupun di Badung hanya diikuti oleh satu pasangan calon. Di samping itu diharapkan penyelenggara selalu berkoordinasi dengan pihak aparat, apapun kondisinya dan berharap Pilkada Badung ini berlangsung aman, sukses, dan terkendali.

Adi Arnawa menambahkan, kesiapan penyelenggara pemilu, merupakan bagian yang paling krusial pada pesta demokrasi, mulai dari logistik, SDM, dan SOP-nya. Terlebih saat ini Pilkada dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga, sarana dan prasarana penunjang, khususnya kesiapan prokes pencegahan Covid-19 harus benar-benar maksimal. 

“Kami harus mengetahui apa-apa saja yang telah dilakukan dan bagaimana kesiapannya. Kami pun mengimbau agar warga dapat menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember, dan tidak perlu khawatir atau takut tertular. Sebab, penyelenggara sudah menerapkan SOP dan prokes untuk menghindari penularan Covid-19,” tegas Sekda Adi Arnawa.

Sementara itu, Anggota KPU Badung Divisi Perencanaan Data dan Informasi I GKG Yusa Arsana Putra mengatakan dengan segala upaya mengusahakan pelaksanaan Pilkada Badung bisa berlangsung sukses dan bisa berjalan sesuai dengan regulasi. Pihaknya juga mengajak semua masyarakat Badung yang memiliki hak pilih untuk hadir ke TPS menggunakan hak pilihnya.

“Logistik sudah didistribusikan, sehingga kami berharap pelaksanaan Pilkada di Badung dapat berlangsung dengan lancar, sukses, dan demokratis,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Badung I Ketut Alit Astasoma menyampaikan Pilkada Badung yang akan dilaksanakan besok sudah sesuai dengan undang-undang dan protokol kesehatan yang berlaku.

Disisi lain Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr. Nyoman Gunarta mengungkapkan, dalam mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada 2020 ini, pihaknya menerjunkan tim Dinas Kesehatan untuk memantau seluruh TPS guna memastikan pelaksanaan prokes berjalan sesuai SOP.

“Besok tim Pustu, KBS dan Dinas Kesehatan ikut siaga satu memantau pelaksanaan pemungutan suara di TPS untuk mewujudkan Pilkada Badung yang sehat dan aman,” ungkapnya.

Foto terkait :

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait