Mantapkan Persiapan Rekapitulasi Tingkat Kecamatan, KPU Badung Bimtek PPK

  • 10 Desember 2020
  • 14:45 WITA
berita_201612091215_MantapkanPersiapanRekapitulasiTingkatKecamatan,KPUBadungBimtekPPK.jpeg

MANGUPURA. Sebagi persiapan menjelang rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan, KPU Kabupaten Badung gelar Bimbingan Teknis kepada PPK, Kamis (10/12/2020). Bimtek ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi terkait mekanisme penggunaan Aplikasi Sirekap dalam pemilihan serentak tahun 2020.

“Badung menempati posisi pertama dalam proses upload data di Aplikasi Sirekap,” ujar Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta saat memberikan sambutan bertempat di The Patra Bali Resort and Villas.

Lebih jauh Semara Cipta menyampaikan, mekanisme rekapitulasi penghitungan suara tingkat desa yang dilakukan di kecamatan dengan cara membuka kotak dan mengambil C-Hasil. 

“Nantinya data Aplikasi Sirekap akan disandingkan dengan C-Hasil,” bebernya.

Pria yang akrab disapa Kayun itu menambahkan, kika pada saat rekapitulasi hingga pleno berlangsung Aplikasi Sirekap belum berjalan dengan baik, maka akan menggunakan pola manual mengirimkan hasil perolehan suara per TPS dan tetap melaksanakan pleno sesuai dengan tahapan.

Sementara itu Anggota KPU Badung Divisi Teknis Penyelenggaraan Ni Luh Nesia Padma Gandi menerangkan ada backup Excel jika pada saat proses rekapitulasi server down sehingga bisa melanjutkan dengan pra-pleno.

“Di TPS server down itu memang diluar kendali kami, sehingga foto manual sebagai backupnya,” ucap Nesia Gandi.

Terkait dengan pleno di tingkat kecamatan, pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan pendampingan. 

"Rekapitulas hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan akan dilaksanakan dari tanggal 11 s.d 13 Desember 2020. Mohon dipersiapkan segala sesuatunya, agar pelaksanaan pleno bisa berjalan dengan baik,” terangnya.

Hadir memberikan materi bimtek Anggota KPU Provinsi Bali Luh Putu Sri Widyastini dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Badung.

Foto terkait : 

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait