Jelang 9 Desember 2020, KPU Badung Mantapkan Pengaplikasian Sirekap Lewat Uji Coba Nasional

  • 24 November 2020
  • 15:05 WITA
berita_202711111145_Jelang9Desember2020,KPUBadungMantapkanPengaplikasianSirekapLewatUjiCobaNasional.jpeg

MANGUPURA. KPU Kabupaten Badung mengikuti Uji Coba Nasional Rekapitulasi Perolehan Suara secara berjenjang dari tingkat TPS sampai dengan tingkat Provinsi dalam Pemilihan Serentak. Uji coba yang dilaksanakan selama 3 hari mulai dari 24 s.d 26 November 2020 melibatkan PPK se Kabupaten Badung. 

“Ini dalam rangka memantapkan pengaplikasian Sirekap yang nantinya akan digunakan sebagai alat bantu proses penghitungan dan rekapitulasi suara,” terang Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Teknis Penyelenggaraan Ni Luh Nesia Padma Gandi saat mengikuti Uji Coba secara daring oleh KPU RI, Selasa (24/11/2020).

Ia menjelaskan, pada hari pertama diberikan materi berkenaan dengan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi penghitungan suara, termasuk beberapa perubahan. Hal tersebut berkenaan dengan mekanisme teknis pelaksanaan, sesuai dengan peraturan terbaru. 

Lebih jauh Nesia Gandi menyampaikan, sesuai dengan tata cara pelaksanaan konfigurasi ujicoba dilakukan menyerupai hari pemungutan dan penghitungan suara dalam lingkup yang dipersempit dengan ketentuan membentuk 12 TPS. 

“Simulasi dimulai dengan melakukan pengisian C.Hasil-KWK yang dilanjutkan dengan pemotretan menggunakan SIREKAP Mobile, serta rekapitulasi tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten melalui SIREKAP Web,” sebutnya.

Dalam pelaksanaan simulasi ini ia juga menemukan beberapa kendala, terutama dalam proses aktivasi akun bagi petugas KPPS serta proses pemeriksaan dokumen digital melalui aplikasi. 

“Untuk itu dilakukan komunikasi baik dengan KPU Provinsi Bali sebagai koordinator, dan dengan Helpdesk KPU RI Wilayah Bali sehingga proses ujicoba dapat dilanjutkan,” ucapnya.

Pihaknya berharap PPK yang terlibat dalam uji coba dapat meneruskan informasi dan pengetahuan teknis Sirekap kepada jajaran pelaksana yang akan menggunakannya di tingkat TPS.

Foto terkait :

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait