KPU Badung Pastikan Seluruh Penyelenggara Pemilu Bebas Dari Covid-19

  • 14 November 2020
  • 12:10 WITA
berita_201511011100_KPUBadungPastikanSeluruhPenyelenggaraPemiluBebasDariCovid-19.jpeg

MANGUPURA. Dalam upaya memastikan pelaksanaan pemilihan serentak tidak menjadi kluster penyebaran Covid-19, seluruh penyelenggara akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Hal ini dibahas dalam sosialisasi dan koordinasi bersama dinas terkait dan Puskesmas se-Kabupaten Badung, Sabtu (14/11/2020).

Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta menyampaikan bahwa penyelenggara mulai dari tingkat kecamatan sampai level KPPS akan menjalani rapid tes. Selain itu, dipastikan protokol kesehatan beserta Alat Pelindung Diri (APD) akan disiapkan untuk pelaksanaan pemungutan dan penghitungan di TPS.

“Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat pemilihan dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pelaksanaan pencoblosan pada 9 Desember 2020 akan mengutamakan kesehatan dan keselamatan bersama,” ujarnya.

Lebih jauh Semara Cipta menjelaskan, dalam waktu dekat akan melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Puskesmas se-Kabupaten Badung. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan rapid tes terhadap KPPS dan Petugas Ketertiban TPS. 

Menurutnya, pemilihan di masa pandemi memiliki tantangan yang sangat berat, dimana harus menerapkan prokes dan mencapai target partisipasi pemilih sebesar 85%. Namun pihaknya tetap optimis, karena seluruh stake holder terkait sudah bahu membahu untuk turut serta menyukseskan pesta demokrasi di Gumi Keris.

“Kami berharap dengan pertemuan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, dimana seluruh penyelenggara dipastikan sehat secara jasmani maupun rohani,” terang pria yang akrab dipanggil Kayun itu.

Sementara itu, hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr. Nyoman Gunarta mengatakan bahwa pemilihan pada 9 Desember 2020 sudah dipastikan berjalan normal meskipun kondisinya tidak normal.

“Karenanya protokol kesehatan tetap menjadi acuan utama dalam penyelenggaraan pemilihan kali ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini pula, Gunarta mengintruksikan kepada seluruh jajarannya untuk turut serta membantu KPU dalam hal mendukung upaya pemeriksaan kesehatan bagi penyelenggara pemilu.

Kegiatan dihadiri oleh Kadis Perhubungan, Kepala BPBD, Kadis Kebudayaan, Koordinator Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Badung.

Foto terkait :

 

 

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait