KPU Badung Jadwalkan Debat Kedua Untuk Satu Paslon 10 November 2020

  • 09 November 2020
  • 13:05 WITA
berita_200911091102_KPUBadungJadwalkanDebatKeduaUntukSatuPaslon10November2020.jpeg

MANGUPURA. Setelah sukses terselenggaranya debat terbuka/publik pada 24 Oktobober lalu, kini KPU Kabupaten Badung bersiap untuk melaksanakan debat kedua yang dijadwalkan 10 November 2020 mendatang.  

Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta menyampaikan pelaksanaan debat kedua akan digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pukul 19.00 hingga 21.00 WITA. Selain itu, kegiatan juga disiarkan secara live melalui TVRI Bali, RRI Denpasar, You Tube KPU Kabupaten Badung dan direlay oleh Bali TV.

Lebih jauh pria yang akrab dipanggil Kayun itu mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat membahas teknis pelaksanaan debat kedua terutama berkenaan dengan rundown acara. Ada beberapa evaluasi pelaksanaan debat pertama dan masukan yang disampaikan dalam pelaksanaan teknis, termasuk pada penerapan Prokes Covid-19.

"Jadi kami sudah bahas teknis pelaksanaanya kembali, begitu juga mengevaluasi pelaksanaan debat pertama," ujarnya saat dikonfirmasi Senin, (9/11/2020) bertempat di Kantor KPU Kabupaten Badung.

Menurutnya, tantangan dalam pelaksanaan debat terbuka kedua nanti minimal sama baiknya dengan pelaksanaan debat terbuka pertama.

"Tentunya kami ingin lebih maksimal dari debat pertama. Jadi apa kekurangan debat pertama itu menjadi pembelajaran," terangnya.

Perihal tema debat terbuka kedua, pihaknya mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan. Di antaranya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional, dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kebangsaan. Di samping itu, materi debat juga memuat materi kebijakan dan strategi penanganan, pencegahan, dan pengendalian Covid-19.

 “Untuk tema debat terbuka yang kedua adalah Penyelarasan Pembangunan Kabupaten Badung dengan Nasional dengan Bingkai NKRI,” beber komisioner asal Banjar Cabe, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal ini. 

Ia juga mengungkapkan ada catatan penting yang dijadikan evaluasi pada pelaksanaan debat terbuka kedua nanti, yaitu soal waktu pelaksanaan debat yang bersamaan dengan daerah lain. Debat terbuka perdana yang dilaksanakan KPU Badung dan KPU Karangasem nyaris dalam waktu yang berbarengan, hanya selisih satu jam.

“Terkait hal tersebut, kami akan berkoordinasi lebih intens dengan KPU Provinsi Bali, sehingga jadwalnya tidak berbenturan lagi, agar masyarakat bisa fokus menyaksikan penyampaian visi dan misi paslon,” ungkapnya.

Perlu diketahui, debat terbuka nanti akan dipandu oleh Dr. Ni Wayan Widhiastini, S.Sos., M.Si. Sementara Tim Panelis terdiri dari Prof. Dr. Drs. A.A. Anom Kumbara MS, Dr. Drs. I Wayan Wesna Astara, SH., M.Hu.,MH, Prof. Dr. Drs. Made Kembar Sri Budi, M.P., Prof. Ir. Made Sudiana Mahendra, MappSc.,Phd, CIEA dan Pro. Dr. I Putu Astawa,S.E.,M.M.

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait