KPU Badung Gelar Rakor Bersama Tim, Bahas Persiapan Debat Kedua

  • 05 November 2020
  • 13:00 WITA
berita_200611111146_KPUBadungGelarRakorBersamaTim,BahasPersiapanDebatKedua.jpeg

MANGUPURA. Untuk mempersiapkan pelaksanaan Debat Terbuka Kedua pada pemilihan serentak dari segi tema dan materi,  KPU Kabupaten Badung menggelar Rapat Koordinasi, Kamis (5/11/2020) bertempat di Warung Mina Dalung.

Dalam kesempatan ini, Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta menyampaikan pemilihan dengan satu Pasangan Calon baru pertama kali dilaksanakan di Bali terkhusus lagi di Gumi Keris. Saat pelaksanaan debat dengan satu Pasangan Calon, Panelis langsung hadir untuk menyampaikan pertanyaan kepada Paslon sekaligus meminta tanggapan.

“Tentunya dalam memberikan pertanyaan harus mengacu pada materi dan tema yang telah ditentukan oleh KPU Kabupaten Badung. Terkait dengan penentuan materi, tema, moderator dan Panelis ini sebelumnya sudah melalui persetujuan LO Paslon, karena memang demikian mekanismenya,” ungkap komisioner yang sudah menjabat dua periode ini.

Semara Cipta menambahkan, dalam pertanyaan penutup akan ada tanggapan dari masyarakat yang disampaikan oleh Sekretariat KPU Kabupaten Badung kepada Panelis untuk dirumuskan dalam bentuk pertanyaan. Andai kata tidak ada tanggapan dari masyarakat, maka Panelis yang akan merumuskan satu pertanyaan penutup.

Menurutnya pelaksanaa debat terbuka satu Paslon ini memiliki tantangan yang cukup berat, terutama kepada Panelis. Dimana debat ini diharapkan menjadi tontonan bagi masyarakat dan mampu mengkurasi visi misi dan program kerja untuk dapat dijadikan acuan layak atau tidak Paslon untuk dipilih nantinya oleh masyarakat.  

Lebih jauh pria yang akrab disapa Kayun itu menekankan dalam perumusan soal oleh para Panelis dilakukan dalam rapat tertutup. Ia juga menegaskan KPU tidak akan terlibat, ini kaitannya dengan menjaga integritas sebagai penyelenggara pemilu. Jika pun ada, Tim Sekretariat yang mendampingi hanya dari segi fasilitasi tempat dan administrasi saja.

Sementara itu Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM I Wayan Artana Dana menuturkan tema untuk pelaksaan debat kedua ialah Penyelarasan Pembangunan Kabupaten Badung Dengan Program Nasional Dalam Bingkai NKRI.

“Tema tersebut mengacu dari tiga materi yang kami telah siapkan. Diantaranya menyelesaikan persoalan daerah, menyelaraskan pelaksanaan pembangunan daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi dengan Nasional serta memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kebangsaan,” bebernya.

Di sisi lain, moderator debat kedua Ni Wayan Widhiasthini mengungkapkan pemilihan dengan satu Pasangan Calon tentunya akan menjadi sorotan publik, sehingga pihaknya harus mempersiapkan diri dengan baik.

“Panelis memang harus menyesuaikan waktu dalam menyampaikan gambaran dan pertanyaan sehingga tidak sampai kehabisan waktu. Ini yang perlu diperhatikan dalam kegiatan debat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020,” ujarnya.

Widhi juga mengingatkan agar pelaksanaan protokol kesehatan dalam pelaksanaan debat harus benar diterapkan dengan baik. Oleh karena itu, pihaknya meminta bantuan kepada seluruh stake holder terkait untuk turut menyukseskan pemilihan dengan satu Paslon di Badung ini.

Hadir dalam rapat koordinasi ini, Ketua beserta Anggota KPU Kabupaten Badung, Moderator, Para Panelis dan Tim Penayangan Debat dari TVRI Bali.

Foto terkait :

Komentar

Dokumen Terkait