Mengambil Tema Good and Clean Government, Panelis Pertajam Visi Misi Calon Pilbup Badung 2020

  • 24 Oktober 2020
  • 20:00 WITA
berita_202510121029_MengambilTemaGoodandCleanGovernment,PanelisPertajamVisiMisiCalonPilbupBadung2020.jpeg

MANGUPURA. Berbeda dari Pilkada lima tahun lalu, debat terbuka KPU Kabupaten Badung kali ini hanya diikuti satu Pasangan Calon saja. Mengambil tema Strategi Tata Kelola Dan Tata Laksana Menuju Good And Clean Governance Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Badung debat dilaksanakan, Sabtu (24/10/2020) bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center. 

“Hari ini dilakukan debat yang mana menjadi berbeda ketika Paslon harus berhadapan dengan para Panelis melalui dialog. Kemudian Panelis langsung menanyakan kepada Paslon terhadap pemaparan visi misi dan program,” terang Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta dalam sambutannya.

Pria yang akrab disapa Kayun itu menyampaikan ini menjadi sebuah rangkaian ketika proses pendaftaran, penetapan Paslon sampai proses pengundian tata letak. Sehingga per tanggal 24 September 2020, pihaknya telah menetapkan Paslon yang menempati kolom sebelah kanan dan kirinya kolom kosong. 

Terkait dengan tema, orang nomor satu di KPU Kabupaten Badung ini menjelaskan mencakup tiga materi yang telah disiapkan. Di antaranya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi dari tiga materi inilah kami rangkum menjadi sebuah tema besar yang kemudian dari Panelis membuat rumusan pertanyaan. Termasuk ada ruang dimana KPU membuka kesempatan bagi masyarakat Badung untuk mengajukan pertanyaan kepada Paslon,” beber Komisioner asal Banjar Cabe, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal ini.

"Pertanyaan dari masyarakat ini akan disusun kembali oleh Panelis berdasarkan materi dan tema debat, untuk selanjutnya diresume. Kemudian ringkasan atau rangkuman tersebut disampaikan ke Paslon oleh Koordinator Tim Panelis,” sambungnya.

Debat sendiri dipandu oleh Dr Drs AA Gede Oka Wisnumurti MSi selaku moderator. Sementara untuk Tim Panelis meliputi Dr I Gusti Agung Mas Rwa Jayantiari SH MKn, Dr Ni Made Eka Mahadewi MPar CHE CEM, Dr I Nyoman Mahaendra Yasa, SE MSi, Prof Dr Ir I Nyoman Rai MS, dan Dr Ni Luh Riniti Rahayu MSi.

Kayun menjelaskan berdasarkan ketentuan yang ditetapkan KPU Badung, terkait protokol kesehatan pelaksanaan debat terbuka tidak boleh dihadiri pendukung Paslon. Yang boleh hadir pada saat debat terbuka hanya Paslon, dua orang dari perwakilan Bawaslu Badung dan empat orang tim kampanye Paslon.

“Untuk menyiasati antusiasme masyarakat, debat terbuka juga disiarkan secara langsung melalui TVRI Bali, RRI Denpasar, dan live streaming di Channel Youtube KPU Badung," ungkapnya.

Lebih jauh ia menuturkan, debat terbuka dijadwalkan berlangsung tiga kali. Kendati demikian pihaknya sendiri masih mencari hari baik untuk melaksanakan debat terbuka kedua dan ketiga.

“Kami masih mencari hari baik untuk pelaksanaan debat kedua dan ketiga. Itu juga tidak terlepas setelah kami melakukan evaluasi terkait debat pertama,” tandasnya.

Terakhir ia mengatakan KPU Kabupaten Badung menghadirkan sebuah tagline Partisipasimu, Pedulimu, Tanggungjawabmu, Kepada Badung. Ini dalam rangka membangun kesadaran bahwa pihaknya yakin setelah melihat data dan grafik dimana hasil Pemilu 2014-2019 ada peningkatan dari 78% menjadi 87%.

“Kami yakin dengan menetapkan tingkat partisipasi pemilih 85%, dengan rasa tanggungjawab, rasa peduli masyarakat Badung akan hadir ke TPS 9 Desember 2020 karena partisipasimu, pedulimu dan tanggungjawabmu pada Badung,” tutupnya.

Foto terkait :

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait