Pra Pleno DPT, Ketua KPU Badung : Kami Ingin Hadirkan Data Pemilih yang Valid dan Berkualitas

  • 14 Oktober 2020
  • 16:30 WITA
berita_201510071002_PraPlenoDPT,KetuaKPUBadung:KamiInginHadirkanDataPemilihyangValiddanBerkualitas.jpeg

MANGUPURA. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung tengah bersiap untuk melakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilihan serentak lanjutan tahun 2020.

Salah satunya melalui Pra Pleno Rapat Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap di Tingkat Kabupaten Badung, Rabu (14/10/2020) bertempat di Ruang Nayakottama.

“Tujuan kegiatan hari ini ialah agar acara pleno nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga tidak terjadi kesalahan-kesalahan mendasar pada saat pleno yang akan berlangsung 16 Oktober 2020,” buka Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta saat rapat pra pleno.

Pria yang akrab disapa Kayun itu menegaskan proses data ini sangat penting dikarenakan akan berpengaruh pada pengadaan surat suara. Kemudian perihal perjalanan data pemilih, pihaknya berusaha untuk melakukan tindakan atau pencermatan dari tanggapan masyarakat maupun Bawaslu.

“Untuk masukan, tanggapan dan perbaikan data diharapkan berakhir sebelum ditetapkan pada pleno DPT nanti,” terang orang nomor satu di KPU Kabupaten Badung ini.

Dalam kesempatan itu pula, ia menyampaikan akan melakukan penetapan data yang telah berproses dari 402.995 menjadi 362.948 pemilih, dengan rincian laki-laki 178.461 dan perempuan 184.487.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Badung I Gusti Ngurah Bagus Cahya Sasmita mengatakan telah mencermati dan menganalisa bahwa data sudah semakin dimutakhirkan dan bersih. 

“Data pemilih yang kami perhatikan ternyata pemilih perempuan lebih banyak dari pada laki-laki,” ungkapnya. 

“Mengenai perubahan status jenis kelamin, apakah hanya ada perubahan di data pemilih atau sudah berubah di Disdukcapil? Jika di Disdukcapil masih salah bisa saling koordinasikan agar dilakukannya perbaikan,” sambungnya.

Ia juga menambahkan mengenai bahan pembahasan pada saat Pleno Penetapan nanti, agar ditambahkan perincian keterangan yang lebih jelas. Contoh seperti tidak dikenal bagimana, apakah tidak tau orangnya atau tidak ditemukan saja. Selanjutnya bukan penduduk apakah memang beda KTP atau pindah keluar, lebih dijelaskan lagi agar nantinya bisa sepemahaman.

Pada sisi lain, I Gusti Ngurah Dharmasanjaya selaku Anggota KPU Provinsi Bali menuturkan pelaksanaan kegiatan apapun agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Pada saat pencoklitan sudah bagus sekali karena PPDP sudah tertib dan disiplin menggunakan APD yang diberikan, sehingga tidak adanya laporan bahwa PPDP pembawa virus,” ujarnya.

Terkait dengan warga yang belum perekaman, pihaknya yakin Disdukcapil Kabupaten Badung akan terus melakukan strategi sehingga pada 9 Desember 2020 semua masyarakat sudah dapat menggunakan hak suaranya.

Tampak hadir dalam rapat pra pleno, Anggota KPU Provinsi Bali, Ketua beserta Anggota KPU Badung, Bawaslu, Disdukcapil, LO Paslon dan Panitia Pemilihan Kecamatan.

Foto terkait :

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait