Pleno DPSHP Tingkat Kecamatan, KPU Badung Turunkan Tim Supervisi

  • 09 Oktober 2020
  • 17:00 WITA
berita_201010121047_PlenoDPSHPTingkatKecamatan,KPUBadungTurunkanTimSupervisi.jpeg

MANGUPURA. Sebagai upaya penyelenggara pemilu dalam menghadirkan data pemilih yang valid dan berkualitas, KPU Kabupaten Badung melakukan supervisi Rapat Pleno Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) tingkat kecamatan, Jumat (9/10/2020). Untuk mengoptimalkan waktu pelaksanaan, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di enam kecamatan se-Kabupaten Badung.

“Hari ini kami melakukan monitoring untuk seluruh kecamatan di Badung yang menggelar Rapat Pleno DPSHP pemilihan serentak tahun 2020,” ujar Anggota KPU Kabupaten Badung I GKG Yusa Arsana Putra saat melakukan supervisi di Kantor Kecamatan Abiansemal.

Dalam hal ini, pihaknya melihat kegigihan dari kawan-kawan PPK dan PPS bekerja dengan luar biasa ditambah dengan pendampingan dari Panwascam serta PKD tingkat desa.

“Kami hadir sebagai lembaga sangat mengapresiasi setinggi-tinginya kepada PPS serta PPK yang sudah mencoba menyajikan data yang terbaik. Tentu dengan melakukan verifikasi faktual terhadap data-data yang menjadi masukan dari Bawaslu Badung,” jelasnya.

Ditambahkannya, setelah diikuti dan disaksikan bersama bahwa PPS mampu memberikan argumentasi sekaligus menjawab seluruh pertanyaan yang disampaikan oleh Panwascam. Sehingga panitia pengawas meyakini bahwa data yang disajikan sampai ditingkat PPK sudah berkualitas dan valid.

“Tentu diharapkan itu berjenjang sampai nanti pada penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 16 Oktober 2020,” harapnya.

Lebih jauh Gung Yusa menyampaikan, untuk meningkatkan kualitas data diperlukan kerja sama dari seluruh stake holder terkait. Maka dari itu, pleno DPSHP di tingkat kecamatan ini diharapkan mendapatkan titik temu persamaan persepi terhadap data pemilih pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung 9 Desember 2020.

Sementara itu, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa mengatakan bahwa hari ini tujuannya ialah untuk menemukan suatu titik temu terhadap akurasi data hasil kinerja dari PPS.

“Berkaitan dengan data ini sangat penting dan memiliki arti tersendiri, yakni penggunaan hak warga negara dalam memberikan suara di pemilihan,” terangnya.

Kemudian ia juga menambahkan cara melahirkan data berkualitas adalah melalui dialog dan tinjauan dari beberapa sisi seperti hari ini. Karena disadari pula, PPS bekerja dengan dinamika yang tinggi terlebih saat pandemi Covid-19.

“Kami imbau sinergitas antar lembaga ini tetap berjalan apapun alasannya, terlebih kita semua memiliki tujuan yang sama agar hajatan demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung berjalan aman, sukses dan lancar,” imbaunya.

Rapat dihadiri oleh masing-masing Camat, Kapolsek, Danramil, PPK, PPS, Panwascam dan Tim Kampanye Paslon.

Foto terkait :

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait