KPU Badung Torehkan Sejarah Pelaksanaan Pilkada dengan Satu Pasangan Calon di Bali

  • 23 September 2020
  • 16:05 WITA
berita_202309110958_KPUBadungTorehkanSejarahPelaksanaanPilkadadenganSatuPasanganCalondiBali.jpeg

MANGUPURA. Sesuai dengan Hasil Penelitian Perbaikan Persyaratan Calon yang menyatakan bahwa Bakal Pasangan Calon telah Memenuhi Syarat, maka KPU Kabupaten Badung melaksanakan Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon pada Rabu (23/09/2020).

Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta menjelaskan dalam proses pendaftaran bakal paslon pada 4-6 September hingga perpanjangan 13 September 2020 pihaknya hanya menerima satu bakal paslon. Maka dilanjutkan dengan proses penelitian administrasi beserta dengan pemeriksaan kesehatan. 

“Dengan telah dilaluinya kedua hal tersebut yang mana telah memenuhi syarat, maka KPU Badung melakukan penetapan pasangan calon pada tanggal 23 September 2020,” ucap Semara Cipta usai gelar rapat pleno tertutup bertempat di Ruang Rapat Nayakottama.

Penetapan yang dilakukan dihadiri oleh tiga Komisioner dan diikuti secara daring oleh lainnya menetapkan Pasangan Calon Yang Memenuhi Syarat Sebagai Peserta Pemilihan yaitu Calon Bupati atas nama I Nyoman Giri Prasta, S.Sos., dan Calon Wakil Bupati atas nama Drs. I Ketut Suiasa, SH. Ditetapkan pula bahwa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020 dilaksanakan dengan satu Pasangan Calon.

Kemudian pria yang akrab disapa Kayun itu menuturkan apabila mengacu PKPU 5 Tahun 2020 adalah dilakukannya pengundian nomor urut paslon. Tetapi khusus di Badung akan melakukan pengundian tata letak posisi kiri atau kanan, ini dikarenakan hanya satu paslon yang mendaftar. 

“Jadi nanti di desain surat suara, akan terdapat satu kolom yang berisi paslon dan satu kolom yang tidak bergambar atau kosong,” jelasnya.

Ketika pengundian tata letak ini dilakukan, KPU Badung juga akan melakukan penandatanganan deklarasi pakta integritas terhadap paslon. Pada prinsipnya paslon harus berkomitmen untuk mematuhi protokol kesehatan selama mengikuti tahapan pemilihan. 

Kegiatan pengundian akan dilaksanakan pada 24 September 2020 di kawasan Tuban dengan tetap mengacu protokol kesehatan Covid-19. Selain itu, akan dilakukan siaran langsung / live streaming melalui You Tube KPU Badung.

Terakhir ia mengajak seluruh masyarakat agar tetap menjaga kesehatan, mematuhi protokol kesehatan sehingga dalam melaksanakan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung senantiasa dalam keadaan sehat. 

“Dengan menghadirkan tagline pemilih sehat dan berdaulat kita ingin mengajak masyarakat Badung terutama yang telah memiliki hak pilih untuk datang ke TPS tanggal 9 Desember 2020,” tutupnya.

Foto terkait :

Komentar