Galang Aspirasi Terkait Penerimaan Bakal Paslon, KPU Badung Gelar Focus Group Discussions

  • 01 September 2020
  • 12:05 WITA
berita_200109090936_GalangAspirasiTerkaitPenerimaanBakalPaslon,KPUBadungGelarFocusGroupDiscussions.jpeg

MANGUPURA. Untuk memantapkan koordinasi dalam pelaksanaan pemilihan serentak dalam masa pandemi Covid-19, KPU Kabupaten Badung menggelar Focus Grup Discussions (FGD) pada Selasa (01/09/2020). Kegiatan yang melibatkan stake holder terkait, mambahas penerimaan bakal paslon.

Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Perencanaan, Data dan Informasi I GKG Yusa Arsana saat membuka acara, mengapresiasi kehadiran seluruh undangan.

“Pentingnya acara hari ini adalah kami ingin mendapatkan sebanyak mungkin masukan, saran dan dukungan,” terangnya.

Gung Yusa menambahkan, terkait pendaftaran bakal paslon yang akan dilaksanakan pada 4-6 September 2020, pihaknya telah melaksanakan simulasi. Dalam pelaksanaannya memang ada beberapa hal yang menjadi atensi serius. Terutama mengenai protokol yang wajib diikuti oleh rombongan bakal paslon. 

“Memang kantor kami memiliki halaman luas, tetapi yang menjadi kendala ketika sudah masuk ke dalam ruangan pendaftaran. Inilah yang menjadi atensi serius kami dengan pihak keamanan terkait dengan protokol kesehatan,” tambahnya.

Selanjutnya pemaparan materi oleh Anggota KPU Badung Divisi Teknis Penyelenggaran Ni Luh Nesia Padma Gandi terkait persiapan penerimaan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020.

“KPU Kabupaten Badung menetapkan persyaratan pencalonan untuk Partai Politik atau Gabungan Partai Politik, dengan Keputusan KPU Kabupaten Badung  sebelum pengumuman pendaftaran Pasangan Calon,” kata Nesia Gandi.

Hal itu didasarkan oleh penetapan perolehan kursi hasil Pemilu Anggota DPRD Badung tahun 2019 dan penetapan perolehan suara sah hasil Pemilu Anggota DPRD Badung tahun 2019 yang diserahkan kepada Pimpinan DPRD, Pimpinan Parpol serta Bawaslu Badung.

“Masa pendaftaran Bakal Pasangan Calon paling lama tiga hari terhitung setelah hari terakhir pengumuman pendaftaran. Hari pertama dan hari kedua pendaftaran dilaksanakan sampai dengan pukul 16.00 waktu setempat. Selanjutnya hari ketiga pendaftaran dilaksanakan sampai dengan pukul 24.00 Wita,” jelasnya.

Terkait syarat calon, adapun beberapa formulir yang harus di isi oleh paslon. Di antaranya formulir model BB.1 KWK, formulir model BB.2 KWK dan formulir BB.3 KWK.

“Itulah jenis dokumen yang nantinya harus diisi oleh para calon yang mendaftar ke KPU Kabupaten Badung,” tandasnya.

Hadir dalam diskusi tersebut KPU Provinsi Bali, Polresta Denpasar, Polres Badung, Kodim 1611 Badung, Kejaksaan Negeri Badung, Satpol PP Badung, Bawaslu Badung, Dinkes Badung, Diskominfo Badung, Kesbangpol Badung dan perwakilan partai politik.

Foto terkait :

Komentar