Sosialisasikan Coklit Daftar Pemilih, KPU Badung Tekankan Pentingnya Dapatkan Data Yang Akurat Dan Berkualitas

  • 23 Juli 2020
  • 10:00 WITA
berita_202307050708_SosialisasikanCoklitDaftarPemilih,KPUBadungTekankanPentingnyaDapatkanDataYangAkuratDanBerkualitas.jpeg

MANGUPURA. Guna menyajikan data daftar pemilih yang berkualitas dan akurat, KPU Kabupaten Badung terus melakukan langkah-langkah strategis, termasuk dalam kegiatan coklit. Hal tersebut ditekankan pada sosialiasi dalam jaringan yang diselenggarakan pada Kamis (23/07/2020).

Sosialisasi ini digelar dengan mengundang stakeholder terkait. Di antaranya Camat, Lurah/Perbekel, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Badung. Hadir sebagai narasumber Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Program dan Perencanaan I GKG Yusa Arsana Putra dan Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Hukum dan Pengawasan Nur Sodiq.

I GKG Yusa Arsana Putra dalam pembukanya mengatakan coklit adalah kegiatan yang cukup penting dan mempunyai substansi sangat mendasar pada setiap pemilihan. Oleh sebab itu, setiap data harus dipadupadankan antara data yang ada di KPU Kabupaten Badung dan juga data di lapangan.

“Pada tahapan coklit ini kami meminta seluruh elemen penyelenggara mulai dari tingkat PPK dan PPS untuk mensupport PPDP agar mendapat data pemilih yang maksimal,” terangnya.

Ditambahkannya kegiatan coklit dimulai pada tanggal 15 Juli 2020 yang diawali dengan kegiatan Gerakan Klik Serentak, dimana pihaknya memberikan sosialisasi bahwa KPU mempunyai sebuah laman lindungihakpilihmu.kpu.go.id untuk mengecek secara online apakah sudah terdaftar sebagai pemilih.

Lebih lanjut Ia mengatakan, coklit sendiri dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu secara online dan offline. Online melalui laman yang telah disampaikan dan offline melalui PPDP yang akan mendatangi ke rumah warga. Hal itu juga dapat disampaikan apabila ada warga yang belum dicoklit bisa melakukan pengecekan secara online.

“Kami mengharapkan dari kegiatan coklit ini bisa menghasilkan data yang berkualitas dan akurat, antara data di KPU dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tidak berbeda terlalu jauh. Ini dapat kita hasilkan apabila PPDP bekerja dengan maksimal karena dengan kegiatan coklit inilah kita dapat  menemukan data paling valid dan up to date,” ucapnya.

Sampai dengan hari ini, terdapat 2 TPS yang melaporkan bahwa sudah melakukan proses coklit 100%, yaitu TPS 4 Desa Sibang Kaja dan TPS 5 Desa Darmasaba. Ini bisa menjadi semangat bagi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih yang lain agar data bisa segera diolah di tingkat PPS, PPK dan KPU Kabupaten Badung.

Sementara itu, Nur Sodiq mengucapkan terima kasih pada seluruh Perbekel/Lurah untuk bantuan dalam perekrutkan PPDP, dimana dalam perekrutan ini mengalami dinamika yang luar biasa karena paradigma terkait rapid test.

"Hal-hal yang cukup krusial agar selalu diperhatikan karena kita melaksanakan pemilihan ditengah pandemi Covid-19 konteks integritas tidak bisa dikesampingkan. Dan penyelenggara wajib mengikuti protokol kesehatan, apabila itu dilupakan akan menjadi pemantauan khusus dari Bawaslu selaku pengawas,” tandasnya.

Foto terkait :

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait