Serap Aspirasi Badan Adhoc Kuta, KPU Badung Yakinkan Pentingnya Rapid Test

  • 13 Juli 2020
  • 12:15 WITA
berita_201407090742_SerapAspirasiBadanAdhocKuta,KPUBadungYakinkanPentingnyaRapidTest.jpeg

MANGUPURA. Guna meyakinkan pentingnya pelaksanaan rapid test bagi penyelenggara pemilihan, KPU Kabupaten Badung mengumpulkan pemangku kepentingan dan penyelenggara pemilihan di Kelurahan Kuta. Kegiatan berupa Rapat Kerja Pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih, yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan pada Senin (13/07/2020). Acara ini pun tidak luput dari dukungan pihak setempat yakni Kelurahan Kuta yang telah memfasilitasi tempat untuk mengadakan pertemuan.

Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta mengatakan, dalam proses pemutakhiran data pemilih, KPU RI telah menegaskan pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19, termasuk dengan pemeriksaan kesehatan.

“Dilaksanakannya rapid test ini merupakan komitmen sebagai penyelenggara di tengah pandemi Covid-19. Nanti ketika PPDP melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga, kami  sudah menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai protokoler kesehatan,” ucapnya.

Menurut dia, pihaknya pun tidak bisa memastikan hal-hal terkait Covid-19. Terlebih yang sudah di rapid test pun belum tentu tidak menularkan, paling tidak melalui kegiatan ini nantinya akan dapat mendeteksi secara awal terpapar virus atau tidak.

Hal serupa juga disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Badung I Gusti Anom Gumanti yang memberikan pemahaman terkait pentingnya pelaksanaan rapid test sebagai penyelenggara pemilihan di tahun 2020 ini.

“Ini merupakan tanggung jawab moral seluruh masyarakat Badung dalam turut menyukseskan pemilihan kepala daerah. Mari kita saling isi mengisi dari tingkat kabupaten sampai dengan kepala lingkungan setempat,” ujarnya.

Sementara itu perwakilan dari Dinas Kesehatan menyatakan rapid test ini merupakan screening untuk menyisihkan yang terkena virus atau tidak.

“Sekecil apapun usaha yang kita lakukan yakinlah bisa memberikan efek baik untuk penanganan Covid-19 yang salah satunya dengan melakukan rapid test ini. Nantinya apabila hasilnya reaktif yang bersangkutan belum tentu positif Covid-19, maka dilakukan swab test untuk mengetahui hasilnya lebih lanjut,” terangnya.

Hadir mendampingi dalam kegiatan rapat Camat Kuta, Lurah Kuta, Ketua PPK Kuta, Kepala Lingkungan se-Kecamatan Kuta dan Calon PPDP se-Kecamatan Kuta.

Foto terkait :

Komentar

Dokumen Terkait