Tingkatkan Wawasan Mengenai Pelaksanaan Pencalonan Pilkada, KPU Badung Ikuti Webinar

  • 03 Juli 2020
  • 15:30 WITA
berita_200307040733_KPUBadungIkutiWebinarPersiapanPelaksanaanPencalonanPilkadaSerentak2020.jpeg

MANGUPURA. Dalam rangka penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020, KPU Kabupaten Badung mengikuti webinar Bimbingan Teknis Persiapan Pelaksanaan Tahapan Pencalonan pada Pemilihan Serentak 2020, yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Bali, Jumat (03/07/2020).

Hadir mengikuti webinar, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Ni Luh Nesia Padma Gandi bersama Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Nur Sodiq, dan Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas, Ni Made Sumawati.

Webinar dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan didampingi Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bali Luh Putu Sri Widyastini, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kesempatan ini akan sangat baik untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam tahapan pencalonan, termasuk pencalonan perseorangan. Meskipun Bali tidak menyelenggarakan tahapan pencalonan perseorangan, tetapi mengetahui kendala yang dihadapi serta solusi yang diberikan oleh KPU dalam pelaksanaannya di daerah.

“Tentu ini menjadi keuntungan bagi kita sebagai bentuk antisipasi dalam pelaksanaan pencalonan dari Partai Politik. Dan saya ingin agar Bali selalu menjadi yang terbaik dalam penyelenggaraan pemilihan nanti” jelas Lidartawan.

Sebagai narasumber, Kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU RI, Nur Syarifah memberikan penjelasan berkenaan dengan pelaksanaan tahapan pencalonan. Mulai dari koordinasi tentang struktur kepengurusan Parpol, penetapan syarat pencalonan, formulir dengan memastikan isi formulir pencalonan dan calon sudah memenuhi syarat yang ditentukan dalam PKPU. Ketentuan bagi calon yang merupakan mantan terpidana serta mekanisme pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon.

KPU Kabupaten/Kota diharapkan sudah memulai sosialisasi kepada Partai Politik tentang syarat, jadwal dan mekanisme pendaftaran pada masa pencalonan. Sebagai langkah awal dalam tahapan pencalonan, KPU Kabupaten/Kota menetapkan Keputusan syarat minimal perolehan kursi atau suara sah sebagai syarat pengajuan pasangan calon.

“Pastikan SK penetapan 20% perolehan kursi anggota DPRD dan/atau 25% perolehan suara sah Parpol sudah ditetapkan, perhatikan kapan terakhir penetapannya” ucap perempuan yang akrab disapa Ibu Inung ini.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi berkenaan dengan teknis pelaksanaan tahapan pencalonan dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang disampaikan oleh komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan bersama Divisi Hukum dan Pengawasan KPU se Bali. Harapannya dengan dilaksanakan webinar ini penyelenggaraan Pilkada Serentak pada 6 Kabupaten/Kota di Bali dapat berjalan lancar dan aman, karena lebih awal dapat mempersiapkan diri.

Hadir pula komisioner KPU Bali John Darmawan dan Anak Agung Gede Raka Nakula, disela-sela pelaksanaan monitoring pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di KPU Kabupaten/Kota.

Komentar