KPU Badung Sosialisasikan Tahapan Pilkada Lanjutan Kepada Stakeholder

  • 25 Juni 2020
  • 15:00 WITA
berita_202506050658_KPUBadungSosialisasikanTahapanPilkadaLanjutanKepadaStakeholder.jpeg

MANGUPURA. Untuk menyampaikan informasi tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020 kepada Stakeholder Terkait di Kabupaten Badung, KPU Kabupaten Badung menggelar Kegiatan Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020, Kamis (25/06/2020) bertempat di Ruang Rapat Nayakottama Kantor KPU Badung.

Rapat dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta menyampaikan bahwa kegiatan hari ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dimulainya kembali tahapan Pilkada Badung Tahun 2020 pasca diaktifkan pada 15 Juni 2020. Hari Pemungutan Suara yang semula ditetapkan 23 September 2020 menjadi 9 Desember 2020.

Untuk proses tahapan itu sendiri, sampai saat ini sudah memasuki tahapan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang sudah dimulai tanggal 24 Juni 2020 sampai dengan 14 Juli 2020. PPDP inilah yang nantinya melakukan Coklit Pemutakhiran Data Pemilih.

“Inilah fungsi Coklit yang akan dilakukan oleh petugas PPDP kami, memasukkan data baru, menghapus data pemilih dimasing-masing TPS sesuai dengan keadaan di lapangan, tentunya juga sesuai dengan ketentuan PKPU,” jelas Semara Cipta.

Selanjutnya dalam materi, Semara Cipta memaparkan tahapan mulai dari optimalisasi anggaran, pengaktifan BPP Adhoc terkait dengan perubahan masa kerja, pemutakhiran data pemilih, pencalonan, sampai dengan perubahan metode kampanye. Dalam masa pandemi ini pola kampanye lebih kepada penggunaan media daring atau video dalam penyampaian visi misi calon. 

Sedangkan dalam teknis pemungutan suara nantinya akan diatur saat masuk ke TPS atau hal lain berkaitan dengan penerapan standar protokol Covid-19 dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas KPPS.

Harapannya dengan dilaksanakan sosialisasi hari ini agar stakeholder terkait di Badung turut menyampaikan informasi Pilkada Badung tahun 2020, mengajak masyarakat menggunakan hak pilih untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Kami kira ini adalah peran penting dari seluruh stakeholder yang hadir untuk menyadarkan masyarakat untuk datang ke TPS,” ucap pria yang akrab disapa Kayun Semara.

Dalam kesempatan ini hadir Ketua DPRD Kabupaten Badung, I Putu Parwata Maelea Kusuma, memberi apresiasi kepada penyelenggara karena telah secara cepat menyampaikan informasi perubahan ini. Bukan hanya tugas penyelenggara, kepada segenap stakeholder terkait diharapkan juga turut mengambil peran sesuai dengan fungsi masing-masing untuk pelaksanaan Pilkada Badung Tahun 2020 yang berkualitas.

Hadir juga dalam kegiatan Ketua Bawaslu Kabupaten Badung, perwakilan undangan masing-masing dari Polres Badung, Polresta Denpasar, Kodim 1611 Badung, Instansi Terkait Pemerintah Kabupaten Badung, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Badung dan Camat se-Badung.

 

FOTO TERKAIT

Komentar